Kompas TV nasional peristiwa

Evaluasi PPKM di Luar Jawa dan Bali, Airlangga: Tidak Ada Lagi Provinsi Terapkan PPKM Level 4

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 06:45 WIB
evaluasi-ppkm-di-luar-jawa-dan-bali-airlangga-tidak-ada-lagi-provinsi-terapkan-ppkm-level-4
Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa dan Bali Airlangga Hartarto mengungkapkan sudah tidak ada lagi satupun dari 27 provinsi yang menerapkan PPKM Level 4. (Sumber: Dok Setkab)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa dan Bali Airlangga Hartarto mengungkapkan sudah tidak ada lagi satupun dari 27 provinsi yang menerapkan PPKM Level 4.

Hal itu diungkapkan Airlangga dalam konferensi pers evaluasi PPKM secara virtual, Senin (11/10/2021).

"Level asesmen terjadi perbaikan secara minggu per minggu. Dari 27 provinsi di luar Jawa dan Bali tidak ada di level 4, sudah tidak ada lagi," kata Airlangga.

Sementara itu, Airlangga menyebutkan ada tiga provinsi yang menerapkan PPKM level 3, lalu 22 provinsi PPKM level 2, dan dua provinsi menerapkan PPKM level 1, yaitu Kepulauan Riau dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca Juga: Luhut: Bandara I Gusti Ngurah Rai Buka Penerbangan Internasional Demi Memulihkan Ekonomi Bali

Airlangga juga menambahkan, dari 386 kabupaten/kota, terdapat satu kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 4, 38 kabupaten/kota PPKM level 3, 278 kabupaten/kota PPKM level 2, dan 69 kabupaten/kota PPKM level 1.

"Dari asesmen yang masih naik hanya satu, Kota Sabang karena data mengenai jumlah kematian yang ada masih ada peningkatan," kata Airlangga.

Lebih lanjut, dia mengatakan, jumlah kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 1 juga naik dari 52 menjadi 69.

Kemudian, dari enam kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 4, Kota Padang dan Kota Banjarmasin turun ke level 3.

Keenam daerah tersebut yaitu Kabupaten Pidie, Kabupaten Bangka, Kota Padang, Kota Banjarmasin, Kabupaten Bulungan, dan Kota Tarakan.

Dengan demikian, daerah selain Padang dan Banjarmasin masih akan tetap menerapkan PPKM Level 4 hingga evaluasi berikutnya pada 18 Oktober 2021.

Di sisi lain, Airlangga mencatat positivity rate di lima daerah turun. Mulai dari Pidie, Bangka, Padang, Bulungan, dan Tarakan.

Target pemeriksaan Covid-19 juga tercapai di tercapai di daerah-daerah yang jadi soroton ini, kecuali Pidie, Bangka, dan Bulungan.

"Sementara vaksinasi 4 daerah rata-rata di bawah nasional," pungkasnya.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi Jadi Indikator PPKM, 12 Wilayah di Jateng Justru Naik ke Level 3



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x