Kompas TV nasional aiman

Melihat Bali Jelang Pembukaannya

Selasa, 12 Oktober 2021 | 06:05 WIB
melihat-bali-jelang-pembukaannya
Ilustrasi wisata di Bali. (Sumber: Dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf)

KOMPAS.TV - Kamis Lusa (14/10/2021), Bali akan resmi dibuka untuk turis mancanegara, setelah 1,5 tahun terpuruk akibat pandemi.

Saya berkunjung ke Bali untuk melihat beberapa hari persiapannya. Termasuk masuk secara eksklusif ke area terbatas di Bandara Ngurah Rai dan mewawancarai Gubernur Bali Wayan Koster.

Perjalanan pertama saya adalah ke daerah wisata populer di Badung, Bali, yakni Kuta. Saya berkunjung siang dan juga malam hari. Seperti apa yang terjadi? Sungguh miris.

Saya melihat di kanan dan kiri, toko, rumah makan, hingga tempat penukaran uang alias Money Changer yang tutup. Ada banyak sekali tak terhitung. 

Baca Juga: Luhut: Bandara I Gusti Ngurah Rai Buka Penerbangan Internasional Demi Memulihkan Ekonomi Bali

Kondisi Terkini di Kuta Bali

Pada siang hari, sejumlah restoran yang pada sebelum pandemi buka dengan hingar-bingarnya siang hingga malam, kini hanya tersisa tumpukan kursi. Bahkan beberapa tempat di antaranya tengah dalam proses dibongkar. 

Tak jarang pula yang berstempel dijual atau sekadar dikontrakkan, tapi tak juga kunjung terlaksana proses beli dan sewanya.

Tak pula luput terkena dampak, adalah para penjaja barang dan oleh-oleh khas Bali yang berkeliling di Pantai Kuta. Ibu-Ibu setengah baya yang berjalan tak henti di pinggir Pantai Kuta, Bali.

Ratna namanya, ia sudah beberapa jam lalu berkeliling, tapi tak satu pun barang dagangannya terjual. 

Ratna harus melanjutkan kehidupan, meski memang sangat tampak bahwa wisatawan yang ada di Pantai Kuta bisa dihitung dengan jari. 

Penulis : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:06
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19