Kompas TV regional peristiwa

BMKG Analisis Kenaikan Suhu di DIY dan Jateng: Penggunaan Lahan Tinggi hingga Kondisi Gunung Merapi

Kompas.tv - 11 Oktober 2021, 19:56 WIB
bmkg-analisis-kenaikan-suhu-di-diy-dan-jateng-penggunaan-lahan-tinggi-hingga-kondisi-gunung-merapi
Gunung Merapi dilihat dari Bendungan Kendalsari atau Karangkendal, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. Hasil analisis terkait kenaikan suhu di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah belakangan ini, salah satunya menyebutkan bahwa kondisi di kawasan Gunung Merapi menjadi yang mesti diperhatikan. (Sumber: KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng) dilaporkan tengah mengalami peningkatan rata-rata temperatur udara.

Dalam kurun waktu 30 tahun terakhir, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut wilayah DIY dan Jateng saat ini terasa lebih panas dari sebelumnya.

Secara spesifik, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan, kenaikan suhu lebih banyak terjadi di wilayah tengah dari kedua provinsi tersebut dibanding daerah pesisirnya.

Dwikorita menambahkan, penyebabnya tidak lain adalah peningkatan emisi gas 'rumah kaca' yang semakin diperparah oleh tingginya laju perubahan pola guna lahan.

Baca Juga: Peringatan BMKG: 19 Wilayah Ini Alami Cuaca Ekstrem

"Ternyata memang ada korelasi khusus antara penutup lahan dengan kenaikan suhu,” kata Dwikorita dikutip dari Kompas.com, Senin (11/10/2021).

Lebih lanjut, Dwikorita menyampaikan, BMKG pun tengah berupaya mengumpulkan data lebih jauh ke belakang, yakni selama kurun waktu 50 tahun, guna melihat seberapa signifikan perubahan suhu udara di DIY dan Jateng.

Jika mengacu perjanjian Paris, semestinya sebuah negara memiliki kebijakan dan aksi iklim untuk mencegah kenaikan suhu Bumi supaya tidak melewati ambang batas sebesar dua derajat Celsius.

Sehingga, Dwikorita memastikan, pihaknya akan terus berupaya semaksimal mungkin agar kenaikan suhu di sejumlah daerah tidak melewati ambang batas 1,5 derajat Celcius, terlebih di DIY dan Jateng.

Baca Juga: BMKG: Daerah Ini Berpotensi Gelombang Tinggi Akibat Siklon Tropis Kompasu

Kenaikan suhu di sekitar Gunung Merapi



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.