Kompas TV video sinau

Sering Digunakan Saat Chatting, Berikut Kisah Bagaimana Emoticon Diciptakan

Kompas.tv - 11 Oktober 2021, 19:34 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, berkomunikasi jarak jauh semakin dipermudah. Salah satunya,  menggunakan aplikasi pesan singkat yang ada pada telepon seluler. Saat berkirim pesan dengan seseorang, atau dalam grup. Beberapa orang menggunakan emoji, untuk mengekspresikan pesan yang tertulis. Pernahkah berpikir, bagaimana awal emoji diciptakan? Berikut kisah singkatnya.

Emoticon membuat mengirim sebuah pesan lewat sosial media, jadi lebih meriah. Dalam interaksi online, emoticon seolah mewakili ekspresi pengirim pesan. Emoticon diperkenalkan oleh Scott Fahlman, seorang ilmuwan komputer.

Berawal pada 19 september 1982 memperkenalkan emoticon berupa senyuman. Melansir kompas.com. Fahlman merasa ada yang kurang pada sebuah percakapan, melalui pesan elektronik yang digunakan oleh staf pada saat itu. Ia membuat dengan cara yang sederhana, yaitu: untuk menyatakan sesuatu yang lucu atau ironis, buat wajah tersenyum, yang dibuat dari titik dua, tanda kurang, dan tanda kurung.

Emoticon ini kemudian merambah ke E-Mail, dan menyebar ke seluruh dunia. Dalam perjalanannya, emoticon berubah menjadi gambar kecil penuh warna. Ditemukan oleh  Shigetaka Kurita, pada 1990-an dengan nama emoji .

kini, sudah 40 tahun lebih  setelah penemuan emoticon. Berkembang menjadi emoji yang beragam dan penuh warna. Diperkirakan, lebih dari 700 juta emoji digunakan setiap hari di unggahan media sosial Facebook. 

Baca Juga: Bahaya! Ini Alasan Kenapa Kamu Enggak Boleh Pakai WhatsApp Mod

https://www.kompas.tv/article/219082/bahaya-ini-alasan-kenapa-kamu-enggak-boleh-pakai-whatsapp-mod 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x