Kompas TV nasional gaya hidup

Jangan Sembarangn Beri Makan Anjing, 12 Sayur dan Buah Ini Mesti Dihindari

Kompas.tv - 11 Oktober 2021, 18:52 WIB
jangan-sembarangn-beri-makan-anjing-12-sayur-dan-buah-ini-mesti-dihindari
Ilustrasi anjing. Sebagai hewan peliharan, anjing termasuk yang memiliki beberapa pantangan dalam urusan makanan. Terutama untuk beberapa jenis sayur dan buah, sebab ada yang berbahaya jika dikonsumsi oleh anjing. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Memiliki hewan peliharaan anjing bukanlah perkara yang mudah karena perlu perhatian khusus, terutama untuk urusan makanannya.

Meskipun terkenal sebagai hewan pemakan daging, ternyata beberapa jenis anjing juga bisa diberi makan berupa sayur ataupun buah.

Namun, jangan sembarangan dalam memberikan sayur dan buah, sebab tak semuanya aman untuk dikonsumsi anjing peliharaan.

Maka dari itu, perlu diketahui sayur dan buah apa saja yang tak boleh dimakan oleh anjing sebagaimana dikuti dari Kompas.com, Senin (11/10/2021).

Baca Juga: Selain Cokelat, Ini 6 Makanan yang Tidak Boleh Diberikan kepada Anjing

1. Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini memang sehat jika dikonsumsi manusia, tapi bagi anjing justru bisa menyebabkan iritasi pada saluran pencernaannya.

2. Jamur

Ketika sedang jalan-jalan di luar bersama anjing, jangan biarkan hewan peliharaan tersebut memakan jamur-jamur liar karena itu sangat berbahaya bagi tubuhnya.

Jika anjing peliharaan tak sengaja memakan jamur liar yang beracun, biasanya akan muncul gejala seperti diare, muntah, dan sering terlihat gelisah tanpa sebab.

3. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang diketahui dapat mengancam nyawa anjing, seperti kacang brasil, kenari, kacang pecan, pistachio, kacang macadamia, dan kacang tanah.

4. Tomat mentah

Pada tanaman tomat dan buahnya yang mentah, terdapat zat tomatine yang dapat memicu kerusakan sistem saraf, ginjal, dan saluran pencernaan anjing.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x