Kompas TV regional update corona

Ganjar Minta Alokasi Khusus Vaksin Covid-19 agar Level PPKM di Sejumlah Daerah di Jateng Turun

Kompas.tv - 11 Oktober 2021, 18:38 WIB
ganjar-minta-alokasi-khusus-vaksin-covid-19-agar-level-ppkm-di-sejumlah-daerah-di-jateng-turun
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19 pada Senin (11/10/2021). (Sumber: Kompas TV/Ant/HO-Humas Pemprov Jateng)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo akan menyurati Kementerian Kesehatan untuk meminta alokasi khusus vaksin Covid-19 bagi daerah-daerah di Jawa Tengah yang capaian vaksinasinya kurang dari 50 persen.

"Kami akan minta ke Kemenkes secara khusus untuk memprioritaskan daerah yang vaksinasinya di bawah 50 persen. Besok suratnya akan kami kirimkan. Mudah-mudahan percepatan bisa dilakukan," ujar Ganjar usai Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19 di Provinsi Jawa Tengah pada Senin (11/10/2021), dikutip dari Antara.

Menurut Ganjar, hal ini menanggapi capaian vaksinasi di sejumlah daerah di Jateng yang masih berada di bawah 50 persen sehingga mempengaruhi status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Aman Bagi Program Hamil? Ini Penjelasan Ketua Komnas KIPI

Status PPKM di daerah-daerah itu kembali naik dari level 2 menjadi level 3. Para pemimpin daerah pun protes atas kenaikan level PPKM itu.

"Banyak kepala daerah protes, kok level kita naik. Padahal, kita cari pasien positif saja susah, rumah sakit sudah kosong. Ternyata ada syarat soal vaksinasi," katanya.

Di sisi lain, Ganjar juga meminta para pemimpin kabupaten/kota dengan capaian vaksinasi kurang dari 50 persen untuk melakukan perhitungan kebutuhan vaksin Covid-19 harian.

Hal ini demi mencapai percepatan vaksinasi untuk mengantisipasi gelombang ketiga penularan Covid-19.

Ganjar pun mengingatkan para kepala daerah di Jateng untuk waspada, apalagi ada sejumlah perayaan keagamaan dan masa liburan seperti Natal dan tahun baru.

"Semua harus melakukan persiapan agar tidak terjadi gelombang ketiga dan persiapan paling bagus adalah dengan mempercepat vaksinasi. Selain itu, pembelajaran tatap muka juga saya minta terus dipantau ketat," ucap Ganjar.

Baca Juga: Di Tengah Angka Kasus Covid-19 yang Melandai, Muncul Klaster Senam di Bantul

Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo memaparkan capaian vaksinasi di provinsi tersebut sudah mencapai 49,38 persen untuk dosis pertama.

Sementara, vaksinasi dosis kedua mencapai 23,69 persen dan dosis ketiga untuk tenaga kesehatan mencapai 0,48 persen.

"Beberapa daerah capaian vaksinasinya sudah ada yang lebih dari 50 persen, bahkan sudah ada yang mencapai 122 persen, tapi beberapa daerah juga ada yang masih di bawah 50 persen," kata Yulianto.

Daerah yang telah melakukan vaksinasi pada lebih dari 50 persen penduduknya sebagian besar berada di wilayah-wilayah aglomerasi, seperti Semarang Raya dan Solo Raya.

Untuk daerah aglomerasi, lanjut Ganjar, hampir semuanya sudah cukup tinggi capaian vaksinasinya, sehingga daerah-daerah yang belum mendapatkan prioritas akan segera dipercepat.

"Soalnya kemarin aglomerasi itu kan spesial, sehingga dipercepat. Oleh karenanya, untuk sekarang beberapa daerah yang belum selesai, kami minta diselesaikan, kami mintakan secara khusus mulai besok," ujar Ganjar.

Baca Juga: Sahabat Ganjar Deklarasi Dukungan Untuk Pilpres 2024, Hingga Bagi-bagi Sembako ke Tukang Becak



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x