Kompas TV regional berita daerah

Budidaya Tanaman Hias Endemik Kantong Semar

Kompas.tv - 11 Oktober 2021, 16:49 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - Mengisi kejenuhan selama masa pandemi covid-19. Seorang pemuda di Madiun, Jawa Timur, sukses membudidaya berbagai macam tanaman karnivora, atau jenis tanaman pemakan serangga. Ada berbagai macam jenis dengan jumlah hingga ratusan tanaman yang kini ia koleksi di rumahnya.

Setiap pagi, Fatkhul Roin, pemuda berusia 23 tahun warga Desa Kepel, Kecamatan Kare, Madiun ini, sibuk membersihkan dan merawat tanaman koleksi nya. Bukan tanaman biasa, tanaman yang ia miliki ini merupakan tanaman karnivora atau jenis pemakan serangga.

Roin sendiri mulai mengkoleksi tanaman jenis ini sejak awal masa pandemi covid-19 lalu . Koleksi pertamanya adalah jenis kantong semar atau bernama latin nepenthes. Hingga saat ini, ia telah memiliki ratusan tanaman pemakan serangga dengan berbagai macam jenis. Mulai dari endemik dalam negeri hingga endemik amerika, yang ia dapatkan dengan cara import.

Ada 10 macam jenis tanaman karnivora yang ia koleksi saat ini. Diantaranya , x-adriani, adriani, sarracenia, blue sea, byblis liniflora dan oreophila. Selain itu, ia juga memiliki 15 macam species kantong semar endemik Indonesia.

Menurutnya, dalam merawat tanaman jenis karnivora tidak semudah yang dibayangkan. Diperlukan berbagai metode khusus agar tanaman dapat terus hidup mulai bibit hingga tumbuh besar. Seperti salah satunya adalah pemberian pakan, penyesuaian iklim, suhu, sinar matahari, hingga teknik penyiraman yang benar  sesuai dengan jenisnya.

Selama ini ia jarang menjual tanaman koleksinya. meski salah satu koleksinya berupa kantong semar sempat ditawar dengan harga 2 juta rupiah, oleh seorang kolektor pada beberapa waktu lalu. Namun ternyata ia masih enggan untuk melepasnya, dan fokus mengembangkan koleksinya sebagai bahan budidaya.

#beritamadiun

#tanamanhias

#tanamanendemik

#kantongsemar

#tanamankarnivora



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.