Kompas TV nasional indonesia update

Berkonsep Tempo Dulu, Pos Bloc Jakarta Jadi Tempat Nongkrong Kreatif Milenial

Kompas.tv - 11 Oktober 2021, 16:37 WIB
berkonsep-tempo-dulu-pos-bloc-jakarta-jadi-tempat-nongkrong-kreatif-milenial
Menteri BUMN RI, Erick Thohir beserta jajaran PT Pos Indonesia meresmikan Pos Bloc Jakarta, Minggu (10/10). (Sumber: dok.istimewa)
Penulis : Herwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Satu lagi tempat nongkrong kreatif untuk anak muda hadir di Jakarta. Memiliki konsep “Tempo Dulu’ tempat ini memiliki berbagai fasilitas keren dan menarik. Berlokasi di Gedung Filateli Jakarta tempat ini bernama Pos Bloc Jakarta.

Pos Bloc Jakarta menjadi creative hub di Jakarta, disini pengunjung tidak hanya menikmati kuliner kekinian tetapi juga berbagai fasilitas distro, fasilitas entertainment, meeting room, co-working space, dan bahkan sharing studio dengan kamera lengkap untuk digunakan membuat konten oleh youtuber atau podcaster.

Bagi anak muda berjiwa kreatif tempat seperti Pos Bloc Jakarta ini merupakan tempat yang memadahi untuk menyalurkan minat dan bakat. Pos Bloc Jakarta sendiri memanfaatkan aset bekas Gedung Kantor Pos era Hindia Belanda seluas 7.000 meter persegi milik PT Pos Indonesia (Persero).

Gedung ini diubah menjadi ruang kreatif bagi pelaku seni kreatif dan seniman untuk membuat acara seni, budaya, hiburan, dan pertemuan komunitas kreatif. Tidak hanya itu pemberdayaan bisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) serta UKM (Usaha Kecil dan Menengah) juga mendapat dukungan penuh di tempat ini para pelaku usaha bisa menjual produknya di Pos Bloc Jakarta.

"Bagus, sesuai arahan bahwa PT Pos harus lebih digital, kreatif, aset-asetnya bisa lebih bermanfaat buat bangsa. Memasuki era digital dan milenial, disrupsi seringkali terjadi. Saya mendorong PT Pos bertransformasi kepada generasi muda dan perubahan di Indonesia,” kata Menteri BUMN Eric Thohir saat peresmian Pos Bloc Jakarta, Minggu (10/10).

Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal Rochmad Djoemadi menjelaskan Pos Bloc bertujuan menarik minat generasi milenial. Ratusan gedung yang berusia lebih dari 100 tahun ini harus dikenal oleh generasi milenial.

“Jadi kita punya property service yang harus di-leverage, di mana segmen market milenial juga harus bisa merasakan itu. Karena kita paham gaya hidup anak muda yang suka nongkrong di tempat bersejarah, yang ada cerita di tempat itu, maka Pos Bloc akan menarik untuk mereka,” Ujar Faizal.

Menteri BUMN Eric Thohir saat Meresmikan Pos Bloc Jakarta di Gedung Filateli Jakarta, Minggu (10/10) (Sumber: Dok. Istimewa)

Ia menambahkan jika milenial sudah tertarik dan minat untuk mengunjungi ke properti milik PT Pos Indonesia, maka generasi muda juga tidak akan segan menggunakan jasa kurirnya dan financial service dari PT Pos Indonesia.

Pos Bloc Jakarta merupakan proyek cipta ruang (placemaking) hasil kolaborasi antara PT Pos Indonesia (Persero) sebagai BUMN tertua di tanah air melalui anak perusahaan PT Pos Properti Indonesia dengan pihak swasta, PT Ruang Kreatif Pos. Salah satu anak perusahaan grup usaha Radar Ruang Riang ini sebelumnya sukses mewujudkan ruang kreatif publik M Bloc Space di Jakarta Selatan serta menyusul segera JNM Bloc di kota Yogyakarta.

Sementara itu CEO Pos Bloc Jakarta Jimmy Saputro menyambut baik kolaborasi dengan PT Pos Indonesia dalam mengalihfungsikan serta mengelola aset negara yang sangat bersejarah menjadi ruang kreatif publik tanpa menanggalkan identitas awalnya.

"Semoga ke depan Pos Bloc Jakarta bisa menjadi game changer untuk menghidupkan kembali dinamika kreatif di sekitar kawasan Pasar Baru serta berdampak bagus bagi lingkungan di sekitarnya," kata Jimmy Saputro.

Dalam waktu dekat menyusul Pos Bloc Jakarta, akan segera dibangun Pos Bloc Surabaya dan Bandung.

"Untuk pengelolaan Pos Bloc akan memakai model revenue sharing alias bagi hasil. Melihat keberhasilan sebelumnya, saya optimistis kerja sama ini akan menuai sukses," ujar Dirut PT Pos Properti Indonesia (PPI) Handriani.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x