Kompas TV nasional hukum

Stepanus Robin Ngaku Bukan Azis Syamsuddin yang Kenalkan Dirinya ke M Syahrial, Tapi Sosok Ini

Kompas.tv - 11 Oktober 2021, 16:17 WIB
stepanus-robin-ngaku-bukan-azis-syamsuddin-yang-kenalkan-dirinya-ke-m-syahrial-tapi-sosok-ini
Tersangka yang juga mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju (kanan) dan tersangka Maskur Husain (kiri) berjalan menuju mobil tahanan usai diperiksa di gedung KPK, Jakarta, Kamis (19/8/2021). (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV- Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Stepanus Robin Pattuju membantah perkenalannya dengan mantan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial difasilitasi Azis Syamsuddin.

Robin mengatakan, yang mengenalkan dirinya dengan M Syahrial adalah ajudan Azis Syamsuddin yang bernama Dedi Mulyanto.

“Tanggapan terhadap keterangan saksi Syahrial, BAP no 5 yang mengenalkan saya dengan Syahrial adalah Dedi, ajudan Azis Syamsuddin,” kata Robin dalam persidangan, Senin (11/10/2021).

Tidak hanya membantah hal tersebut, Robin juga menyangkal kesaksian M Syahrial yang menyebutnya telah mengenalkan sejumlah penyidik KPK kepada Azis Syamsuddin.

Baca Juga: Mengejutkan, Pimpinan KPK Lili Pintauli Justru Rekomendasikan Pemain Kasus untuk Pihak Berperkara

“Saya tidak pernah bercerita kepada Syahrial, saya sering datang ke rumah dinas Azis Syamsuddin atau saya punya rekan penyidik lain yang saya kenalkan ke Azis,” ujarnya.

“Saya hanya kenal Azis dan nggak pernah ajak rekan-rekan atau senior saya seperti yang disampaikan,” tambahnya.

Berbeda dengan Robin, M Syahrial justru mengungkapkan pertemuannya dengan penyidik KPK tersebut difasilitasi oleh Azis Syamsuddin di rumah dinasnya pada Oktober 2020.

“Bro gue mau kenalin seseorang nih. Mana tau bantu-bantu pilkada. Tapi jangan cerita-cerita proyek ya,” ujar M Syahrial menirukan Azis Syamsuddin.

Setelah diperkenalkan dengan Robin, M Syahrial mengatakan sempat mengobrol singkat dengan Robin yang mengaku sebagai penyidik KPK.

Baca Juga: Stepanus Robin Sebut Penyidik KPK yang Tangani Kasus Wali Kota Tanjungbalai adalah Tim Taliban

“Pak Robin bilang, saya jadi penyidik salam kenal. Ngobrol, saya minta nomor handphone Robin. Lalu karena sudah larut malam, bergerak dari rumah dinas (Azis Syamsuddin). Saya yang minta nomor hp (Stepanus Robin Pattuju),” cerita M Syarial.

Dalam percakapan tersebut, M Syahrial meminta Robin untuk membantunya memantau pilkada Tanjungbalai.

“Siap kita pantau,” ujar M Syahrial menirukan Robin.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x