Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Jaga Kesehatan Mental, Ini 5 Aktivitas 'Me Time' yang Berkualitas

Kompas.tv - 11 Oktober 2021, 14:22 WIB
jaga-kesehatan-mental-ini-5-aktivitas-me-time-yang-berkualitas
Ilustrasi me time. (Sumber: Freepik/lifeforstock)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Me time adalah upaya sadar untuk meluangkan waktu mengisi ulang energi dalam tubuh.

Manusia memang makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam kehidupan sehari-harinya, namun terkadang kita juga membutuhkan waktu untuk benar-benar secara khusus ditujukan untuk diri kita sendiri.

Me time memiliki segudang manfaat baik, khususnya bagi kesehatan mental. Memiliki waktu untuk diri sendiri memberikan kita kesempatan untuk melepaskan diri dari tekanan sosial.

Baca Juga: Suka Menunda Pekerjaan Ternyata Ada Istilahnya, Yuk Kenali Prokrastinasi

Jika kamu merasa bingung tentang aktivitas apa yang harus dilakukan untuk mengisi waktu me time, berikut beberapa rekomendasinya, dirangkum dari Health Shots, Senin (11/10/2021).

1. Menulis jurnal

Menulis jurnal tentang diri sendiri membantu kita untuk lebih memahami diri dan keterbatasan akan sesuatu. Menulis juga menjadi salah satu bagian dari introspeksi ini agar kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Kamu bisa menulis berbagai hal dalam jurnal tersebut, termasuk impian, harapan akan masa depan, atau mungkin kelemahan yang harus diakui.

2. Membuat daftar syukur

Acapkali kita lupa bahwa besyukur sangat berpengaruh dengan kesehatan mental kita. Kita lupa bahwa hal-hal baik sekecil apapun mampu mengubah hari yang buruk menjadi hari yang indah.

Cobalah untuk membuat daftar syukur agar pikiran kita senantiasa positif dengan mengingat bahwa hidup tidak seburuh seperti yang kita pikirkan.

Baca Juga: Perlu Diketahui, 5 Cara Ini Dapat Atasi Serangan Panik dengan Cepat

3. Memelihara hubungan baik

Beberapa orang mungkin menganggap me time adalah waktu untuk menyendiri. Namun, manusia adalah makhluk sosial dan berhubungan dengan orang lain dalam rangka memelihara rasa memiliki diri sendiri juga dapat dianggap sebagai me time yang baik.

Berbicara dengan orang-orang yang menyenangkan dan positif tentunya akan mengambangkan sistem dukungan sosial yang meningkatkan kesehatan mental kita.

4. Aktivitas fisik

Aktifitas fisik seperti gym, kelas yoga, atau zumba juga menjadi pilihan aktivitas me time yang berkualitas. Aktivitas ini tentu saja membuat badan kita sehat.

Selain bermanfaat untuk kesehatan secara fisik, aktivitas tersebut juga berpengaruh bagi kesehatan mental karena menghasilkan endorfin, neurotransmitter yang menenangkan kita selama masa-masa stres.

Baca Juga: Mindful Sex, Simak bagi yang Sulit Fokus saat Berhubungan Intim

5. Istirahat

Mengisi waktu me time dengan tidak melakukan apapun dan hanya beristirahat juga bisa menjadi pilihan. Ada kalanya kita terlalu lelah untuk mengerjakan sesuatu, atau bahkan memikirkan hari esok. Mengambil waktu istirahat dapat memulihkan energi.



Sumber : Kompas TV/Health Shots

BERITA LAINNYA



Close Ads x