Kompas TV regional budaya

Festival Kopi Papua, Pamerkan Beragam Kopi Khas Bumi Cendrawasih

Kompas.tv - 11 Oktober 2021, 13:20 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Dikenal bukan sebagai daerah penghasil kopi, Papua ternyata menyimpan kopi khas potential yang siap mendunia.

Fakta ini terungkap setelah beragam kopi khas Papua dipamerkan dalam Festival Kopi Papua yang baru saja selesai dilaksanakan.

Indonesia dikenal sebagai penghasil biji kopi pilihan, namun belum banyak orang yang tahu bahwa tanah Papua memiliki kopi dengan cita rasa khas.

Ini terbukti dari berbagai macam beragam kopi yang ditampilkan dalam Festival Kopi Papua di Terminal Mesran, Jalan Koti, Kota Jayapura dari tanggal 3 hingga 9 Oktober 2021.

Salah satu kopi yang cukup menarik perhatian adalah kopi daerah Nabire.

Ada beragam jenis mulai dari kopi yang berasal dari Kabupaten Dogiyai, Paniai, Modio, dan Deiyai salah satunya gerai "Sandiwara Kopi" yang ditampilkan dalam festival ini.

Baca Juga: Viral Keramas Pakai Kopi, Ini Manfaat dan Efek Sampingnya

Festival kopi Papua ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun domestik, pasalnya banyak yang penasaran seperti apa cita rasa kopi asli Papua.

Festival kopi Papua telah digelar sebanyak 4 kali acara yang diprakarsai Pemkot Jayapura dan Bank Indonesia ini lebih semarak karena bertepatan dengan gelaran PON XX Papua.

Berdasarkan data panitia tercatat lebih dari 29.000 transaksi dari 20.000 pengunjung yang datang.

Angka ini menanjak drastis hingga 42 % dari tahun lalu, Anda pecinta kopi? Tidak ada salahnya untuk datang dan mencicipi kopi khas bumi cenderawasih.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x