Kompas TV klik360 sinau

Cara Cek Keaslian Buku Nikah, Salah Satunya Lewat Kode QR

Rabu, 13 Oktober 2021 | 12:30 WIB

KOMPAS.TV – Buku nikah adalah dokumen penting yang menyatakan pasangan suami istri telah menikah sah secara agama dan negara.

Meski kini Kementerian Agama (Kemenag) juga telah menerbitkan kartu nikah digital, namun pasangan pengantin tetap mendapatkan buku nikah dalam bentuk fisik.

Buku nikah biasanya dibutuhkan untuk mengurus sejumlah dokumen penting, misalnya mengajukan kredit di bank bagi pasangan suami istri.

Penting untuk mengetahui keaslian buku nikah untuk tetap waspada terhadap sejumlah oknum yang memalsukan buku nikah.

Hal ini juga diungkapkan oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, dalam rilis pers di situs resmi Kemenag.

"Agar tidak menjadi korban sindikat buku nikah palsu, masyarakat diminta langsung datang ke KUA untuk mendaftarkan pernikahannya atau  mengakses situs www.simkah.kemenag.go.id," ujarnya.

Lalu, bagaimana ciri-ciri buku nikah asli?

1. Pada halaman dalam sampul terdapat hologram berbentuk lingkaran bergambar garuda.

2. Terdapat lembar transparan mengkilat berhologram untuk menutup lembar identitas pasangan pengantin.

3. Dilengkapi nomor seri dengan sistem lubang pada bagian bawah buku dengan kode khusus

4. Setiap halaman buku apabila diterawang akan terlihat gambar garuda.

Selain itu, ada cara untuk mengecek keaslian buku nikah. Buku nikah terbitan sebelum tahun 2019 dapat dicek keasliannya dengan datang ke kantor urusan agama (KUA) dengan membawa buku nikah, kemudian petugas akan melakukan verifikasi terhadap keaslian buku nikah.

Sementara untuk buku nikah terbitan tahun 2019 dan setelahnya, pemilik dapat melakukan scan/pindai kode QR yang terdapat pada buku nikah menggunakan fitur/aplikasi QR scanner di ponsel.

Setelah dipindai, QR code pada buku nikah asli akan terhubung pada data di Sistem Manajemen Informasi Nikah (Simkah).

Untuk diketahui, penggunaan QR code pada buku nikah sudah diterapkan sejak Simkah diluncurkan pada 2019.

Baca Juga: Viral Barcode pada Buku Nikah, Kemenag Beri Penjelasan

(*)

Grafis: Arief Rahman

Penulis : Gempita Surya

Sumber : Kompas TV/Kemenag


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:32
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19