Kompas TV nasional politik

Geliat Capres Mulai Ramai: Ada yang Mau, Malu-malu, dan Siap Maju

Kompas.tv - 11 Oktober 2021, 11:30 WIB
geliat-capres-mulai-ramai-ada-yang-mau-malu-malu-dan-siap-maju
Nama-nama yang disebut calon presiden 2024 antara lain Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan (Sumber:KOMPAS TV-)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Geliat pencalonan sejumlah nama untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada pemilu 2024 mendatang mulai ramai. Hal itu dilihat dari pernyataan para kader, deklarasi relawan hingga baliho.

Yang terbaru, pernyataan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani yang mulai terbuka menyatakan kesiapan Prabowo Subianto sebagai capres mendatang.

 
"Majunya beliau (Prabowo, red) karena begitu masifnya permintaan kita semua. Majunya beliau karena begitu besar harapan rakyat, pembangunan harus berlanjut, cita-cita kita berpartai belum terwujud," kata Muzani, Minggu (10/10/2021). 

"Saya katakan sekali lagi, Insya Allah Pak Prabowo akan maju di Pilpres 2024," ujar Muzani. Sebelumnya, meski hasil survei selalu berada di urutan teratas, namun Prabowo tidak pernah menyatakan secara terbuka. Pernyataan Muzani, tampaknya mewakili pernyataan Prabowo secara tegas kesiapannya maju sebagai capres 2024. 

Baca Juga: Relawan dari Malang Deklarasikan Puan Maharani sebagai Capres 2024

Hal yang sama juga datang dari para relawan dan pendukung Ketua DPR Puan Maharani. Minggu (10/10/2021), relawan Generasi Muda Pejuang Nusantara atau Gema Puan menggelar deklarasi mendukung Puan Maharani untuk maju sebagai calon presiden pada pemilu mendatang.

Acara ini digelar di sebuah hotel di Kota Malang, Jawa Timur,  dan diikuti puluhan relawan yang tergabung dalam Gema Puan.

Lewat deklarasi ini, relawan Gema Puan ingin menunjukkan puan maharani memiliki dukungan khususnya di wilayah Jawa Timur.

Gema Puan menyatakan tidak memiliki keterikatan dengan partai politik dan diisi oleh masyakarat dari berbagai latar belakang.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gema Puan Jawa Timur Nanang Sutrisno mengatakan, dukungan terhadap Ketua DPR RI itu, menyusul beberapa calon presiden lain yang sudah mulai muncul untuk menyongsong Pemilu Presiden 2024.

"Ini untuk menunjukkan bahwa Puan Maharani itu juga punya kekuatan, dan pendukung, yang layak diperhitungkan," ujar Nanang kepada wartawan, Minggu.

Ia menambahkan, para relawan tersebut memilih sosok Puan Maharani untuk menjadi calon presiden Indonesia dikarenakan Puan telah memiliki sejumlah alasan mendasar. 

Di antaranya, kata Nanang, Puan merupakan sosok pekerja keras, tidak banyak bicara juga dinilai sebagai sosok negarawan.

Sebelumnya, baliho Puan bertebaran di sejumlah daerah. Namun sebagian masyarakat bereaksi negatif,  beberapa baliho ada yang dicoret dan dirusak.

Namun, semenjak banyak kasus baliho dirusak, Puan lebih banyak turun ke masyarakat baik berbarengan dengan Presiden Jokowi dalam berbagai acara atau dengan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) untuk meninjau vaksinasi.

Di antara sejumlah tokoh yang ramai disebut, hanya relawan Ganjar Pranowo yang paling sering deklarasi. Para relawan Gubernur Jawa Tengah ini punya banyak jaringan di sejumlah daerah. Bahkan mengaku menyebar hingga 17 negara.  

Baca Juga: Relawan Jokowi Dukung Ganjar Capres 2024, PPP: Kalau Tak Didukung Parpol Percuma!

Misalnya, Relawan Jokowi Mania (Joman) menyatakan mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres di 2024. Ketua Umum Relawan Jokowi Mania Immanuel Ebenezer mengatakan pilihan untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagi sikap yang siap dipertanggungjawabkan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.