Kompas TV regional berita daerah

Bonsai Khas Merauke Jadi Daya Tarik Pecinta Tanaman Artistik

Kompas.tv - 11 Oktober 2021, 13:43 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MERAUKE, KOMPAS.TV - Tanaman bonsai khas Merauke menjadi salah satu daya tarik bagi pecinta tanaman artistik saat pagelaran PON 20 di Papua. Jenis bonsai Jerukan Merauke ini dibandrol dengan harga satu hingga 2 juta rupiah .

Beragam jenis kerajinan masyarakat ditampilkan dipameran usaha mikro kecil menengah di depan kantor bupati kabupaten Merauke, Papua. Pameran ini juga menampilkan berbagai jenis bonsai diantaranya bonsai Sancang Serut Waru Uni dan juga Bringin Kemeng. Dari 30 jenis bonsai yang dipamerkan bonsai jerukan khas merauke menjadi salah satu yang menarik perhatian. Bonsai yang memiliki ciri khas daun yang lebar dan berwarna hijau kemerahan ini hanya bisa ditemukan di kabupaten Merauke.

Dodik salah satu penemu bonsai Jerukan khas Merauke ini menjelaskan ia mendapatkan bibit bonsai ini dari lingkungan di tempatnya mencari tanaman. Setelah dirawat selama 3 tahun bonsai ini memunculkan karakter kontemporer dan berdaun sedikit lebih lebar dibandi bonsai jenis lainnya. Selama merawat bonsai jerukan khas Merauke ini berapa hal harus diperhatikan seperti kematangan akar kematangan ranting dan proses pengguntingan daun.

#bonsais

#pon20

#merauke



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x