Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Suka Menunda Pekerjaan Ternyata Ada Istilahnya, Yuk Kenali Prokrastinasi

Kompas.tv - 11 Oktober 2021, 09:02 WIB
suka-menunda-pekerjaan-ternyata-ada-istilahnya-yuk-kenali-prokrastinasi
Ilustrasi prokrastinasi atau kebiasaan menunda pekerjaan. (Sumber: Unsplash/Elisa Ventur)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Apakah Anda sering menunda-nunda pekerjaan sampai deadline hampir berakhir? Jika hal ini terlalu sering dilakukan sampai menjadi kebiasaan, mungkin saatnya Anda mengenal prokrastinasi.

Melansir laman procrastination.com, Senin (11/10/2021), prokrastinasi adalah kesulitan membujuk diri sendiri untuk melakukan hal-hal yang harus atau ingin Anda lakukan. Alih-alih mengerjakan tugas yang seharusnya dilakukan, Anda justru melakukan aktivitas sepele.

Orang dengan prokrastinasi kerap membiarkan tugasnya menumpuk dan akan mengerjakannya sampai saat-saat terakhirnya.

Baca Juga: Perlu Diketahui, 5 Cara Ini Dapat Atasi Serangan Panik dengan Cepat

Studi terbaru menunjukkan bahwa orang lebih menyesal dengan hal-hal yang tidak mereka lakukan ketimbang hal-hal yang telah mereka lakukan.

Tak hanya itu, perasaan menyesal dan bersalah akibat kehilangan kesempatan cenderung bertahan lebih lebih lama.

Namun, prokrastinasi dalam hal ini bukan berarti malas. Orang malas mungkin akan baik-baik saja jika mereka tidak melakukan pekerjaannya. Namun, bagi mereka yang terjebak prokrastinasi tidak bisa memaksakan dirinya untuk memulai pekerjaan tersebut.

Kebiasaan menunda pekerjaan ini juga bisa menyebabkan rasa menyesal hingga meragukan kemampuan diri sendiri.

Lantas, mengapa seseorang melakukan prokrastinasi?

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang cenderung melakukan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Berikut ulasannya:

1. Tak bisa membuat keputusan

Seseorang yang tak bisa membuat keputusan untuk dirinya sendiri cenderung terjebak prokrastinasi. Mereka tidak tahu mana yang penting dan tidak, atau yang benar dan salah, dan kehilangan motivasi untuk melakukan apapun.

2. Mengabaikan nilai waktu

Mereka yang kerap melakukan prokrastinasi biasanya berpikir jika waktu mereka masih banyak. Padahal, setiap detik yang Anda lewatkan akan hilang selamanya.

Mungkin ini saatnya Anda menyadari bahwa hidup ini terbatas. Dengan demikian, Anda akan mulai mengatur waktu dengan lebih hati-hati.

3. Kurangnya disiplin diri

Prokrastinasi juga disebabkan karena kurangnya disiplin diri. Dalam beberapa hal, mereka mungkin mengalami kesulitan untuk memberi perintah kepada dirinya sendiri.

Kurangnya disiplin bukan penyebab utama dari prokrastinasi, sebab untuk menjadi disiplin, Anda perlu memiliki jenis motivasi yang besar untuk mengerjakan hal-hal positif.

Baca Juga: 5 Cara Memulihkan Efek Kekerasan Emosional pada Perempuan

Agar kebiasaan tersebut tidak terus berlanjut, ada baiknya untuk menerapkan beberapa hal yang bisa mengubah diri Anda, seperti belajar soal motivasi diri, manajemen waktu, hingga disiplin diri.

Catat daftar kegiatan harian yang harus dilakukan dan lakukan dengan sebagaimana mestinya. Jangan lupa untuk apresiasi diri saat mencapai satu pencapaian.



Sumber : procrastination.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.