Kompas TV internasional kompas dunia

PBB dan Bangladesh Sediakan Sebuah Pulau untuk Ditinggali Pengungsi Rohingya

Senin, 11 Oktober 2021 | 07:11 WIB
pbb-dan-bangladesh-sediakan-sebuah-pulau-untuk-ditinggali-pengungsi-rohingya
Pengungsi Rohingya menggendong anaknya pasca kebakaran yang terjadi bulan Maret lalu di Cox Bazar, Bangladesh. Pada Sabtu, 9 Oktober 2021, PBB dan pemerintah Bangladesh menandatangani nota kesepahaman untuk menyediakan satu pulau sebagai tempat tinggal pengungsi Rohingya. (Sumber: Antara Foto via Reuters)

DHAKA, KOMPAS.TV — Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan pemerintah Bangladesh menandatangani nota kesepahaman untuk bekerja sama dalam perlindungan dan pengelolaan pengungsi Rohingya, Sabtu (9/10/2021).  Pengungsi Rohingya disediakan tempat di sebuah pulau yang berada di Teluk Benggala. 

Lebih dari 19.000 dari 1,1 juta pengungsi Rohingya di Bangladesh Selatan telah dipindahkan ke pulau Bhasan Char oleh pemerintah. PBB menyatakan salah satu alasan utama ditandatanganinya nota tersebut adalah untuk mulai melayani populasi Rohingya yang hidup berdesakan di kamp-kamp di Bangladesh.

Sebelumnya, lokasi tersebut pernah dikritik oleh kelompok kemanusiaan karena dianggap tidak layak untuk ditinggali. Namun pemerintah Bangladesh menyatakan bahwa pulau itu telah dikembangkan dengan menghabiskan lebih dari $AS 112 juta. 

Baca Juga: 27 Pengungsi Rohingya Hilang Akibat Perahu Tenggelam saat Melarikan Diri

Selain itu, pulau ini dianggap tidak layak karena dulunya sering terendam oleh hujan monsun. Namun menurut pemerintah Bangladesh, Pulau itu kini telah memiliki tembok laut, rumah sakit, sekolah dan masjid.

Setelah kesepakatan yang ditandatangani pada Sabtu, pihak berwenang mengatakan 81.000 pengungsi akan dipindahkan ke pulau itu dalam tiga bulan ke depan.

Johannes Van Der Klaauw, perwakilan di UNHCR, mengatakan bahwa organisasi tersebut telah melihat pulau itu dan percaya bahwa pemerintah Bangladesh telah mempersiapkan infrastruktur yang signifikan untuk mengantisipasi bahaya lingkungan.

Pengungsi juga akan memiliki kesempatan untuk mencari nafkah melalui pekerjaan sampingan yang dapat diakses setelah organisasi bantuan didirikan di pulau itu.

Namun demikian, sebagian besar pengungsi Rohingya mengatakan mereka tidak ingin pindah, karena kehidupan yang berat di tempat baru. Amir Hamza, 63, seorang pengungsi mengatakan keengganannya untuk pindah ke pulau itu.

“Saya akan pergi ke negara tempat saya dilahirkan, ayah dan kakek saya dilahirkan. Saya memiliki cinta untuk negara itu, dan saya setuju untuk pergi ke negara itu. Saya tidak setuju untuk pergi ke negara, pulau, atau tempat lain, bahkan jika saya ditawari susu dan nasi di piring emas. Saya siap dan bahagia untuk hidup di negara saya, tanah saya, dan ke rumah saya,” ujarnya seperti dikutip dari The Associated Press.

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:13
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19