Kompas TV nasional wawancara

Indonesia Naik Peringkat Indeks Pemulihan Covid-19

Kompas.tv - 10 Oktober 2021, 23:07 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Pengendalian covid-19 di Indonesia diklaim membaik dalam berbagai survei. Yang terbaru, indeks Nikkei Asia menempatkan Indonesia posisi teratas se-Asia Tenggara dalam pemulihan covid-19.

Indonesia ada di peringkat 54 dengan skor 54,5. Singapura ada di urutan 70, kemudian Kamboja di peringkat 76 disusul Malaysia di peringkat 102 dan Myamar di urutan 105. Skor total merupakan akumulasi dari tiga kategori penilaian, yakni manajemen infeksi, pemberian vaksin dan mobilitas.

Harian Kompas juga mengeluarkan indeks pengendalian covid-19 di Indonesia. Pada 13 September 2021, indeks pengendalian covid-19 ada di angka 73. Sementara pada 4 Oktober lalu ada di angka 75. Semakin mendekati angka 100, berarti pengendalian covid-19 semakin membaik.

Membaiknya penanganan covid-19 di Indonesia membuat pemerintah mulai melonggarkan berbagai kegiatan masyarakat, termasuk sektor pariwisata. Bandara Ngurah Rai Bali akan dibuka kembali untuk penerbangan internasional mulai 14 Oktober mendatang.

Presiden Joko Widodo mengingatkan meski penerbangan internasional dibuka dan wisatawan mulai berdatangan, covid-19 tetap harus terkendali. 

Pemerintah akan menerapkan sejumlah syarat yang harus dipenuhi para penumpang dari luar negeri, seperti bukti pemesanan hotel untuk proses karantina saat tiba di Indonesia.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat untuk tetap mewaspadai ancaman lonjakan kasus berikutnya.

Meski situasi penularan covid-19 membaik, semua pihak jangan lengah, sebab tanpa kewaspadaan, lonjakan kasus covid-19 bisa kembali terjadi. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.