Kompas TV internasional kompas dunia

Desak Aksi Lebih Berani Menghadapi Perubahan Iklim, Ribuan Orang Berunjuk Rasa di Brussels Belgia

Kompas.tv - 10 Oktober 2021, 22:33 WIB
desak-aksi-lebih-berani-menghadapi-perubahan-iklim-ribuan-orang-berunjuk-rasa-di-brussels-belgia
Para pengunjuk rasa berpartisipasi dalam demonstrasi iklim di Brussels, Belgia, Minggu, 10 Oktober 2021. Sekitar 80 organisasi bergabung untuk menuntut perubahan dan mendorong para politisi agar bertindak efektif di Glasgow akhir bulan ini.  (Sumber: AP Photo/Geert Vanden Wijngaert)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

BRUSSELS, KOMPAS.TV — Ribuan orang turun ke jalan untuk berunjuk rasa di Brussels, Belgia, Minggu (10/10/2021) mendesak para pemimpin dunia mengambil tindakan lebih berani untuk memerangi perubahan iklim pada KTT iklim PBB di Glasgow mulai bulan ini.

Seperti dilansir Associated Press, sekitar 80 organisasi bergabung dalam unjuk rasa yang berambisi menggelar demonstrasi terbesar di ibu kota Uni Eropa itu sejak dimulainya pandemi Covid-19.

Pengendara sepeda, keluarga dengan anak-anak, dan pengunjuk rasa berambut putih memenuhi jalan-jalan kota, meneriakkan slogan-slogan menuntut keadilan iklim dan mengibarkan spanduk dalam bahasa Inggris, Prancis, dan Belanda. Salah satunya membawa boneka beruang kutub di kepalanya.

Baca Juga: Laporan PBB: akan Terjadi Krisis Air Global karena Perubahan Iklim

Para pengunjuk rasa berpartisipasi dalam demonstrasi iklim di Brussels, Minggu, 10 Oktober 2021. Sekitar 80 organisasi bergabung untuk menuntut perubahan dan mendorong para politisi agar bertindak efektif di Glasgow akhir bulan ini (Sumber: AP Photo/Geert Vanden Wijngaert)

Dalam unjuk rasa itu juga terlihat orang-orang yang mengenakan kostum harimau, ikan, serta spanduk yang berisi tuntutan perubahan sistem untuk menyelamatkan planet bumi.

Para pemerhati lingkungan khawatir Konferensi Para Pihak Perubahan Iklim ke-26, yang dikenal sebagai COP26 di Glasgow mulai 31 Oktober mendatang akan menghasilkan kebijakan yang tidak cukup untuk memangkas emisi karbon dan memperlambat pemanasan planet ini.

Unjuk rasa diikuti oleh orang yang memakai dan tanpa masker. Sebagai salah satu negara dengan tingkat vaksinasi tertinggi di dunia, Belgia mulai melonggarkan pembatasan Covid-19 dan mengizinkan kerumunan seperti unjuk rasa yang terorganisasi rapi.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x