Kompas TV internasional kompas dunia

Seorang Kakek di Bosnia Bangun Rumah Berputar, Ingin Senangkan Istri yang Terus Mengeluh Bosan

Kompas.tv - 10 Oktober 2021, 21:34 WIB
seorang-kakek-di-bosnia-bangun-rumah-berputar-ingin-senangkan-istri-yang-terus-mengeluh-bosan
Vojin Kusic di Bosnia membangun rumah berputar karena lelah mendengar istrinya yang terus mengeluh bosan dengan pemandangan rumah. (Sumber: Straits Times via Reuters)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

SRBAC, KOMPAS.TV - Berusaha untuk menyenangkan istrinya yang menginginkan pemandangan lebih beragam dari rumah keluarga mereka, seorang inovator otodidak Bosnia membangun sebuah rumah berputar.

Rumah berputar ini memungkinkan istri tercintanya dapat menyaksikan matahari terbit, kemudian pemandangan orang-orang pada kesempatan berikutnya.

"Aku bosan dengan keluhannya dan seringnya aku memperbaiki rumah keluarga kami. Lalu suatu saat aku berkata, 'Aku akan membangunkan kamu rumah berputar sehingga kamu dapat memutarnya sesuka kamu'," kata Vojin Kusic, 72, seperti dilansir Straits Times, Minggu (10/10/2021), sambil berdiri di depan rumah barunya yang menarik perhatian.

Terletak di dataran subur di utara Bosnia dekat kota Srbac, rumah tersebut berada di atas sebuah sumbu berdiameter 7 meter yang dirancang khusus oleh Kusic.

Dengan inovasi Kusic, selain berpemandangan ladang jagung dan lahan pertanian, kini rumah tersebut juga berpemandangan hutan dan sungai saat berputar dengan kecepatan yang diinginkan.

Baca Juga: Libido Suami Menurun? Bisa Jadi Salah Satu Gejala Depresi

Vojin Kusic di Bosnia membangun rumah berputar karena lelah mendengar istrinya yang terus mengeluh bosan dengan pemandangan rumah (Sumber: Straits Times via Reuters)

"Rumah itu bisa membuat lingkaran penuh selama 24 jam saat kecepatan paling lambat, sedangkan saat berputar paling cepat, bisa membuat lingkaran penuh dalam 22 detik," kata Kusic.

Kusic mengaku terinspirasi dari penemu Serbia-Amerika Nikola Tesla dan Mihajlo Pupin, dan menekankan bahwa dia berasal dari keluarga miskin dengan pendidikan kurang baik yang memaksanya untuk mencari akal dan cara untuk menciptakan sesuatu sendiri.

"Ini bukan inovasi, karena hanya membutuhkan kemauan dan pengetahuan, dan saya punya cukup waktu dan pengetahuan," katanya, seraya menambahkan dia membangun rumah itu sepenuhnya sendirian.

Kusic juga mengklaim, rumah tersebut lebih tahan terhadap gempa dibandingkan dengan rumah yang tidak bergerak.

Baca Juga: Benarkah Bercinta di Malam Jumat Sunah Rasul?

Vojin Kusic di pusat pengendali rumahnya yang bisa berputar di Bosnia. Kusic membangun rumah berputar karena lelah mendengar istrinya yang terus mengeluh bosan dengan pemandangan rumah. (Sumber: Straits Times via Reuters)

Proyek ini memakan waktu enam tahun untuk menyelesaikannya, kecuali saat Kusic harus dirawat di rumah sakit karena penyakit jantung yang dideritanya.

"Saya meminta dokter untuk mencoba memperpanjang (hidup saya) setidaknya selama satu tahun karena saya memiliki proyek ini di kepala saya, dan ... tidak ada yang akan tahu bagaimana menyelesaikannya."

Sementara istri Kusic sendiri tidak mau berkomentar tentang rumah baru itu. 



Sumber : Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.