Kompas TV entertainment lifestyle

Ingin Memulai Hari Senin dengan Lebih Bersemangat? Simak Cara Mengatasi Demotivasi Kerja

Minggu, 10 Oktober 2021 | 19:31 WIB
ingin-memulai-hari-senin-dengan-lebih-bersemangat-simak-cara-mengatasi-demotivasi-kerja
Ilustrasi demotivasi, yakni kondisi di mana seseorang kehilangan semangat kerja dan hal ini sering terjadi jelang hari Senin ketika libur akhir pekan akan segera usai. (Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Demotivasi merupakan kondisi yang ditandai dengan hilangnya gairah dan semangat kerja dalam diri seseorang.

Contohnya, jelang hari Senin ketika libur akhir pekan segera usai. Banyak orang yang merasa belum siap untuk mulai bekerja kembali.

Psikolog Graheta Rara Purwasono menuturkan, demotivasi dapat terjadi pada siapa saja dengan berbagai macam alasannya masing-masing.

"Demotivasi tidak terjadi tanpa alasan. Makanya, walaupun terkesan sulit untuk bangkit dari demotivasi, tapi masalah ini sebetulnya bisa diatasi," kata Graheta dalam keterangan resmi yang dikutip dari Antara, Minggu (10/10/2021).

Baca Juga: Pelajar Catat Ya! Ini 10 Rumus Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja

Graheta menegaskan, penting bagi setiap orang untuk keluar dari lingkaran demotivasi karena keadaan tersebut dapat menghambat produktivitas dan performa kerja.

Apa yang Dilakukan Ketika Demotivasi?

Lebih lanjut, Graheta menyebutkan, setidaknya ada empat cara yang bisa dicoba untuk membantu proses bangkit dari demotivasi. Apa saja?

Cari penyebab demotivasi

Pertama dan yang paling utama yakni seseorang mesti mencari tahu apa yang menyebabkan dirinya mengalami demotivasi.

"Apakah karena terlalu sering lembur dan beban kerja yang luar biasa besar? Atau mungkin karena merasa tidak nyaman dengan rekan kerja dan atasan?" ujar Graheta.

Baca Juga: Terjebak dalam "Hustle Culture", Budaya Gila Kerja yang Sama Sekali Tidak Keren

Isi ulang energi dengan memanjakan diri

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

Sumber : Antara


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:33
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19