Kompas TV religi beranda islami

Bacalah Doa Nabi Yunus saat Menghadapi Musibah, Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 10 Oktober 2021, 12:34 WIB
bacalah-doa-nabi-yunus-saat-menghadapi-musibah-ini-penjelasannya
ilustrasi ikan paus, dalam riwayat Nabi Yunus berada dalam perut ikan itu dan membaca doa di bawah. Doa itu dikenal dengan doa Nabi Yunus (Sumber: nationalgeographic.grid.id)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tentunya sebagai manusia kita tidak ingin terkena musibah. Untuk itulah, sebagai muslim disarankan untuk memperbanyak doa. Doa Nabi Yunus ini adalah salah satu doa yang dianjurkan ketika menghadapi musibah.

Doa ini dilatarbelakangi sebuah kisah yang menimpa Nabi Yunus ketika berada dalam perut ikan paus. Nabi Yunus selama 40 hari berada dalam perut ikan paus dan mendaraskan doa ini hingga dengan izin-Nya beliau bisa bebas.

Doa juga termaktub dalam Al Quran surat al-Anbiya ayat 87 yang mengisahkan  tentang Nabi Yunus dan kisahnya seperti di atas.

Tentunya, doa ini juga bisa kita amalkan ketika kita menghadapi musibah atau ingin terhindar dari malapetaka.

Doa Nabi Yunus itu sebagai berikut:

bacaan arab Doa Nabi Yunus (Sumber: dedik priyanto/kompas.tv)

LAA ILAHA ILLA ANTA, SUBHANAKA INNI KUNTU MINADZZALIMIN

Artinya: "Tidak ada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim.”

Adapun Doa Nabi Yunus ini berasal dari Alquran surat al-Anbiya ayat 87, berikut latin dan artinya:

WA DZUNNUNI IDZ DZAHABA MUGHOODIBAN FADZHONNA ANLANNAQDIRA ‘ALAIHI FANAADA FIDDZULUMATI LAA ILAHA ILLA ANTA, SUBHANAKA INNI KUNTU MINADZZALIMIN

Artinya: "Dan (ingatlah kisah) Zun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, "Tidak ada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim."

Semoga Allah melindungi kita dari segala marabahaya dan mengangkat segala musibah yang mungkin saat ini sedang menimpa kita. Amin. 

Wallahu a'lam.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x