Kompas TV religi beranda islami

Dua Macam Zikir yang Dibenci Iblis dan Setan, Amalkan Jika Tidak Ingin Digoda

Kompas.tv - 10 Oktober 2021, 10:30 WIB
dua-macam-zikir-yang-dibenci-iblis-dan-setan-amalkan-jika-tidak-ingin-digoda
Ilustrasi setan dan iblis yang mungkin tidak disadari di sekitar kita, bisa dihindari dengan doa yang dibenci oleh Iblis dan setan dari Rasul di bawah ini (Sumber: Atlantios/ Pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada dua zikir yang bisa diamalkan agar terbebas dari godaan Iblis maupun setan.

Dua makhluk ini, sebagaimana Anda tahu, punya tugas yang spesifik: menggoda kita manusia agar terjerumus dan jadi pengikutnya kelak di hari kiamat.

Terjerumus menjadi bagian dari iblis kita bisa dengan cara-cara yang mungkin tidak kita sadari. Misalnya, melalaikan salat jika sudah waktunya, berbuat maksiat tanpa disadari maupun yang paling berat adalah, berbuat syirik atau menyekutukan Allah.

Hal-hal ini tentu saja bisa kita hindari. Tugas iblis dan setan adalah menggoda manusia, dan kita bisa mencegahnya dengan cara-cara tertentu dan efektif untuk mencegah mereka. 

Untuk itu Rasulullah memberikan kita zikir untuk bisa menghindari Iblis dan setan. Zikir in berasal dari hadis Nabi, ketika beliau ditanya oleh para sahabat tentang setan dan iblis yang sering menggoda manusia.

Dua Zikir yang dibenci Setan dan Iblis adalah:

  • LAAILAHA ILLALLAH

  • ASTAGFIRULLAHALADZIM

Artinya: Tiada Tuhan Selain Allah, Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung .

Hadis yang menjelaskan zikir di atas adalah dari sabda Rasululah yang diriwayatkan oleh Abu Dawud. Rasul bersabda:

"Sebaiknya bagi kalian memperbanyak dzikir Laa ilaha illallah dan istighfar.  Perbanyaklah dua zikir ini, sebab sesungguhnya Iblis berkata:

‘Aku (Iblis) merusak manusia dengan perbuatan-perbuatan dosa, dan mereka manusia merusakku dengan dzikir Laa ilahaillallah (tiada Tuhan selain Allah). Manusia juga merusak diriku dengan istighfar astagfirullahal adzim .

Ketika aku melihat manusia berzikir dengan dua zikir itu maka juga bisa aku merusak mereka dengan hawa nafsu, sehingga mereka mungkin menyangka itu merupakan petunjuk.’" (HR Abu Dawud)

Baca Juga: Bacalah Doa ini saat Piknik agar Dijauhkan dari Jin, Setan dan Marabahaya Lainnya

Demikianlah dua zikir yang dibenci Iblis dan setan. Anda bisa mengamalkannya sebanyak mungkin, melafalkannya sebagai sebuah zikir dalam hati dalam segala aktivitas.

Sebab, seperti kata Iblis, ia akan selalu menggoda kita manusia dan merusak kita dengan alat canggih yang mampu menipu kita, bahkan menyerupai petunjuk jika kita tidak sadar.

Alat itu bernama ‘hawa nafsu’ dan kita bisa melawannya dengan zikir. Semoga kita senantiasa dilindungi oleh dari godaan setan, iblis dan hawa nafsu. Amin. Wallahu a’lam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x