Kompas TV olahraga kompas sport

Cerita Pelatih soal Awal Mula Bertemu Susanti Ndapataka hingga Jadi Atlet Muay Thai Peraih Emas

Kompas.tv - 10 Oktober 2021, 02:05 WIB
cerita-pelatih-soal-awal-mula-bertemu-susanti-ndapataka-hingga-jadi-atlet-muay-thai-peraih-emas
Pelatih Susanti Ndapataka, Angga Silitonga (kanan) menceritakan awal mula bertemu Susanti Ndapataka hingga bisa meraih emas di PON XX Papua. (Sumber: KOMPAS TV/Kalix Taus)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

KUPANG, KOMPAS.TV - Pelatih Susanti Ndapataka, Angga Silitonga, mengakui keberhasilan anak didiknya mendapatkan medali emas di PON XX Papua berkat kerja keras dan kegigihan meraih cita-cita.

Menurut Angga, tidak ada yang spesial dari porsi latihan Susanti Ndapataka. Ia hanya memberi motivasi dan dorongan mental agar Susanti dapat meraih keinginannya menjadi atlet berprestasi.

Angga menjelaskan, dirinya mengenal Susanti sejak gadis kelahiran tahun 1999 itu menggeluti bela diri Tarung Derajat di SMA. 

Baca Juga: Susanti Ndapataka, Peraih Medali Emas PON XX Papua Kebanjiran Bantuan

Ia kemudian memperkenalkan Susanti kepada Muay Thai. Alhasil pada 2017 Susanti menjadi juara nasional bela diri Muay Thai di Bogor.

Di tahun berikutnya Susanti tetap mendapat prestasi. Pada Desember 2018 menjadi juara nasional Tarung Bebas Indonesia sekaligus atlet terbaik putri dalam ajang yang digelar di Jawa Tengah.

Pada 2019 dalam ajang pra PON di Jakarta, Susanti mendapat dua juara di dua zona. Yakni zona Indonesia Tengah dan Indonesia Timur.

"Medali Perak di Kejurnas Kendari dan tahun 2021 meraih emas dalam cabang olahraga Muay Thai di PON Papua," ujar Angga saat ditemui di kediaman Susanti, di Desa Kuamasi, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang, NTT, Sabtu (9/10/2021).

Baca Juga: Sarung Tinju Bekas Antar Susanti Raih Medali Emas di PON XX Papua

Angga menambahkan selama ini, tidak banyak yang memperhatikan Susanti sebagai atlet berbakat.

Perhatian dari media baru didapat saat Susanti menyabet gelar juara nasional bela diri Muay Thai di Bogor tahun 2017. Setelah itu, nama Susanti redup kembali.

Sebelum mendapat dana bantuan dari pemerintah, Angga beserta anak didiknya mencari dana dengan berjualan makanan kecil, dari kue hingga gorengan.

Baca Juga: Viral Atlet NTT Peraih Emas di PON XX Papua Dijemput Naik Mobil Bak Terbuka

Pihaknya juga berusaha membuat proposal untuk mencari sponsor penyokong dana latihan serta akomodasi di setiap pertandingan yang diikuti Susanti beserta anak didik lainnya.

Menurut Angga dana bantuan dari pemerintah untuk latihan dan pertandingan baru didapat pada akhir 2020. 

"Ini pertama kami dapat dana hibah dari pemerintah setelah memastikan diri lolos ke PON XX Papua. Inilah penunjang kita supaya bisa bertanding sampai sekarang," ujar Angga. 

Bermodal Barang Bekas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.