Kompas TV internasional kompas dunia

Umrah Arab Saudi Dibuka Untuk Indonesia, Begini Respons Menlu

Kompas.tv - 9 Oktober 2021, 22:33 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta telah menyampaikan beberapa poin, Jumat (8/10/2021).

“Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jamaah umrah Indonesia.”tulis Kemenlu pada rilis tertulis. 

“Komite khusus di Kerajaan Saudi Arabia sedang bekerja guna meminimalisir segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jemaah umrah Indonesia untuk melakukan ibadah umrah.”lanjut bunyi nota diplomatik tersebut.

Baca Juga: Ketentuan Ibadah Umrah, Jemaah Indonesia yang Tak Penuhi Standar Kesehatan akan Dikarantina 5 Hari

Lebih lanjut lewat rilis pers Kemenlu, Retno Marsudi sampaikan bahwa kedua pihak yaitu Indonesia dan Arab Saudi sedang dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis.

“Pertukaran link teknis yang menjelaskan informasi para pengunjung berkaitan dengan vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jamaah.”ucap Retno dalam konferensi pers virtualnya di Youtube MoFA Indonesia.

Retno mengaku dibukanya umrah untuk Indonesia juga diiringi perkembangan situasi kasus Corona di Indonesia yang semakin terkendali.

Lebih lanjut Kementerian Luar Negeri akan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan serta dengan otoritas terkait di Kerajaan Saudi Arabia .

Video Editor: Lisa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x