Kompas TV nasional politik

KSAL Yudo Margono Ajak Aspeksindo Kolaborasi dengan TNI AL Wujudkan Keamanan Maritim

Kompas.tv - 9 Oktober 2021, 20:01 WIB
ksal-yudo-margono-ajak-aspeksindo-kolaborasi-dengan-tni-al-wujudkan-keamanan-maritim
Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengikuti musyawarah nasional (Munas) II Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo), Jumat (8/10/2021). (Sumber: KOMPAS TV/Dinas Penerangan TNI AL)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

PANGKAL PINANG, KOMPAS.TV – Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengikuti Musyawarah Nasional (Munas) II Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo)

Uniknya munas tidak diselenggarakan di tepat pertemuan atau hotel melainkan di atas KRI Semarang 594 yang berlayar di Perairan Bangka Belitung, Jumat (8/10/2021).

Dalam sambutannya KSAL Yudo Margono mengakui peran TNI AL dalam mewujudkan keamanan maritim Indonesia tidak bisa bekerja sendiri.

Sehingga harus ada kerja sama dengan pemerintah daerah pesisir, kepulauan.

Baca Juga: Marinir TNI AL lakukan simulasi tempur di pantai Tanjung Kelayang

Untuk itu jugalah TNI AL terus membina kemitraan dan mendorong pihak yang terkait ikut berkolaborasi dalam mewujudkan keamanan maritim Indonesia.

"Tidak mungkin atau mustahil TNI AL bisa berdiri sendiri tanpa kerja sama dengan Pemerintah Daerah Pesisir dan Kepulauan dalam mewujudkan keamanan maritim Indonesia," ujar Yudo Margono dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu (9/10/2021).

KSAL menambahkan tugas TNI AL dalam melaksankan tugas menjaga keamanan laut tidak terbatas dalam penegakan hukum dan kedaulatan di laut.

Namun menjamin pengguna laut bebas dari segala bentuk gangguan dan ancaman berupa ancaman kekerasan, ancaman navigasi, ancaman pelanggaran hukum serta ancaman terhadap sumber daya kelautan.

Baca Juga: TNI AL Gelar Serbuan Vaksinasi Di Kota Tidore Kepulauan

“Berkaitan keamanan laut, tugas TNI AL sebagai instansi penegak hukum di laut juga tertuang dalam UNCLOS’82,” ujar Yudo.

Lebih lanjut, KSAL Yudo Margono menjelaskan menyadari akan kewenangan dan kemampuan yang dimiliki TNI AL, serta kompleksitas permasalahan maritim yang harus dilaksanakan secara lintas sektoral, maka TNI AL senantiasa membina kemitraan, dan mendorong kementerian atau instansi terkait lainnya untuk berkolaborasi mengamankan perbatasan NKRI.

Oleh karenanya perlu ada konsolidasi organisasi dan meneguhkan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di Indonesia.

"Serta merumuskan arah kebijakan pembangunan berbasis kepulauan dan pesisir menuju masyarakat yang berkeadilan dan berkemajuan yang sekaligus sebagai peringatan Hari Maritim Nasional," ujar Yudo.

Adapun kegiatan Munas yang mengambil tema Satu Laut Sejuta Manfaat ini dibuka oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin secara virtual.

Baca Juga: Kasal Yudo Margono Jamin TNI AL Tak Disusupi Paham Komunis, Sindir Gatot Nurmantyo?

Turut hadir Ketua Dewan penasehat Aspeksindo Rokhmim Dahuri, Ketua Umum Ekspesindo Abdul Gafur Mas'ud yang juga bupati Penajam Paser Utara dan Gubernur Babel Erzaldi Rosman.

Wamenkumham RI Edward Omar Sharif, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/BPN Surya Tjandra, Kapolda Babel Irjen Pol Anang Syarif Hidayat dan pejabat TNI AL serta pjabat Aspeksindo.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x