Kompas TV nasional wisata

Jangan Lupa Unduh Aplikasi LOVEBALI agar Bisa Berwisata ke Pulau Dewata

Kompas.tv - 9 Oktober 2021, 17:14 WIB
jangan-lupa-unduh-aplikasi-lovebali-agar-bisa-berwisata-ke-pulau-dewata
Ilustrasi destinasi wisata di Bali. Jelang pembukaan pintu masuk bagi turis asing, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali mengeluarkan syarat tambahan yakni kewajiban untuk mengunduh, memasang, dan memakai aplikasi LOVEBALI. (Sumber: Dok. Humas Kemenparefkraf)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

DENPASAR, KOMPAS.TV - Dalam rangka mempersiapkan pembukaan pintu masuk bagi wisatawan asing, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali membenahi aplikasi LOVEBALI.

Kepala Seksi Aplikasi Informatika, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Bali I Gusti Ngurah Puspa Udiyana mengatakan, aplikasi tersebut bakal menjadi salah satu syarat bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Pulau Dewata.

"Wisatawan yang datang ke Bali wajib mengunduh, memasang, dan memakai aplikasi LOVEBALI," kata Udiyana, dilansir Antara, Kamis (7/10/2021).

Kebijakan itu, lanjut Udiyana, telah termaktub dalam Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 15243 Tahun 2020 tentang Persyaratan Wisatawan Nusantara Berkunjung ke Bali.

Baca Juga: Pintu Masuk Siap Dibuka, Ini Prosedur Kedatangan Turis Asing di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Adapun, pengembangan aplikas LOVEBALI sebenarnya telah berjalan sejak tahun lalu, namun penggunaannya masih terhambat oleh kondisi pandemi Covid-19 yang saat itu tengah mengkhawatirkan.

Udiyana menjelaskan, sekilas aplikasi LOVEBALI itu mirip dengan PeduliLindungi yang dapat menelusuri riwayat perjalanan atau mobilitas penggunanya.

Selain itu, data dari aplikasi tersebut juga bakal menjadi bahan bagi pemerintah setempat untuk merumuskan kebijakan-kebijakan ke depannya.

Lalu, guna memudahkan wisatawan, Udiyana menuturkan bahwa ada rencana untuk mengintegrasikan aplikasi LOVEBALI dengan PeduliLindungi.

Dengan begitu, pengawasan terhadap mobilitas masyarakat, khususnya wisatawan, dapat dilakukan secara optimal, baik oleh pemerintah pusat maupun daerah setempat.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.