Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Xi Jinping Desak Reunifikasi Damai Usai Jet China Sisir Udara Taiwan

Sabtu, 9 Oktober 2021 | 16:49 WIB
presiden-xi-jinping-desak-reunifikasi-damai-usai-jet-china-sisir-udara-taiwan
Presiden China Xi Jinping menyampaikan pidato pada acara peringatan 110 tahun Revolusi Xinhai di Aula Besar Rakyat di Beijing, Sabtu, 9 Oktober 2021. (Sumber: AP Photo/Andy Wong)

TAIPEI, KOMPAS.TV - Pemimpin China Xi Jinping mengatakan pada hari Sabtu bahwa reunifikasi "damai" Taiwan dengan daratan China adalah kepentingan Beijing, meskipun diwarni ancaman militer terhadap pulau yang berpemerintahan sendiri itu, seperti dilansir Associated Press, Sabtu, (09/10/2021)

Xi Jinping berbicara pada sebuah acara resmi di Aula Besar Rakyat Beijing yang sebagian besar berfokus pada perlunya Partai Komunis yang berkuasa untuk terus memimpin China saat negara itu meningkat dalam kekuasaan dan pengaruh.

“Reunifikasi bangsa harus diwujudkan dan pasti akan diwujudkan,” Xi bersumpah di depan para politisi, personel militer, dan lainnya yang berkumpul di ruang besar yang berfungsi sebagai tempat duduk legislatif seremonial China.

“Reunifikasi melalui cara damai adalah yang paling sesuai dengan kepentingan keseluruhan bangsa China, termasuk rekan-rekan Taiwan,” tambah Xi Jinping.

Pernyataan Xi datang hanya beberapa hari setelah militer China pesawat militer dalam jumlah sangat besar melewati wilayah pertahanan udara Taiwan dalam latihan yang disebut Taipei sebagai ancaman.

Selama empat hari, mulai minggu lalu, Tentara Pembebasan Rakyat China menerbangkan jet tempur, pembom, dan pesawat peringatan dini udara sebanyak 149 kali menuju Taiwan, dengan manuver tunggal terbesar melibatkan 52 jet tempur.

Baca Juga: China Ancam Perang Dunia Ketiga Bisa Terjadi Kapan Saja, Taiwan: Kami Akan Lawan hingga Akhir

Presiden China Xi Jinping beserta jajaran pemerintahan menyampaikan pidato pada acara peringatan 110 tahun Revolusi Xinhai di Aula Besar Rakyat di Beijing, Sabtu, 9 Oktober 2021. (Sumber: AP Photo/Andy Wong)

Taiwan dan China berpisah tahun 1949 di tengah perang saudara, dengan Partai Nasionalis Kuomintang yang berkuasa saat itu melarikan diri ke pulau itu ketika Komunis Mao Zedong merebut kekuasaan di daratan.

Upacara hari Sabtu di Beijing untuk menghormati peringatan 110 tahun revolusi Tiongkok yang menyebabkan penggulingan kaisar Qing dan pendirian Republik Tiongkok di bawah Sun Yat-sen.

Taiwan merayakan 10 Oktober sebagai Hari Nasional dan pidato Xi menyentuh aspirasi bersama untuk masa depan yang bersatu, meskipun ada perbedaan mencolok antara sistem satu partai otoriter China dan demokrasi multi-partai Taiwan yang dinamis.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV/Associated Press



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:59
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19