Kompas TV regional budaya

Sandiaga Uno Harap Museum Batik Danar Hadi Jadi Destinasi Wisata Utama di Solo untuk Bantu Ekonomi

Kompas.tv - 9 Oktober 2021, 14:38 WIB
sandiaga-uno-harap-museum-batik-danar-hadi-jadi-destinasi-wisata-utama-di-solo-untuk-bantu-ekonomi
Bangunan utama pendopo Museum Batik Danar Hadi, Kota Solo, Jawa Tengah. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengharapkan, Museum Batik Danar Hadi dapat menjadi destinasi wisata utama di Kota Solo demi mempercepat pemulihan ekonomi. (Sumber: TRIBUNSOLO.COM/CHRYSNHA PRADIPHA)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

SOLO, KOMPAS.TV - Museum Batik Danar Hadi, oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, diharapkan dapat menjadi destinasi wisata utama di Kota Solo, Jawa Tengah.

Dengan begitu, Sandiaga yakin, pemulihan kondisi ekonomi di Solo bisa dipercepat, baik saat pandemi seperti saat ini maupun setelahnya.

"Kami ingin Museum Batik Danar Hadi menjadi tempat utama kunjungan wisatawan pasca-pandemi maupun di tengah-tengah pandemi dengan protokol kesehatan," kata Sandiaga saat berkunjung ke museum tersebut, Sabtu (9/10/2021).

Tak hanya demi percepatan ekonomi, Sandiaga pun berharap pencanangan Museum Batik Danar Hadi sebagai objek wisata utama akan berpengaruh pada pelestarian batik lokal.

Baca Juga: Jangan Sembarang Mengenakan Batik, Ini 6 Motif Larangan Keraton Yogyakarta

"Kami ingin selamatkan lapangan kerja sekaligus lestarikan batik. Karena kami melihat Museum Batik Danar Hadi bergantung pada alur wisatawan dan Solo ini menjadi salah satu kota yang sangat mengandalkan pariwisata," terang mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Sandiaga menilai, Museum Batik Danar Hadi memiliki daya tarik tersendiri sebagai objek wisata, mengingat di dalamnya terdapat warisan budaya yang sarat edukasi bagi pengunjung.

"Saya sangat kagum dan (Museum Batik Danar Hadi) ini merupakan pesan yang sangat mendalam, di mana kita bisa melihat wisata berbasis heritage. Mulai dari melihat batik kearifan lokal dan pelestariannya juga," ungkapnya.

Agar operasional Museum Batik Danar Hadi tak mengganggu penanganan Covid-19, Sandiaga juga meminta pengelola untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai sistem skrining terhadap pengunjung dan pegawainya.

Baca Juga: Mantapkan Diri sebagai Warisan Dunia, Batik for The World Lahirkan Motif Baru Ikon Negara Sahabat



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.