Kompas TV olahraga kompas sport

Klasemen Medali PON Papua 2021: Jabar Masih Nyaman di Posisi Puncak, DKI Ditekan Jatim

Kompas.tv - 9 Oktober 2021, 11:49 WIB
klasemen-medali-pon-papua-2021-jabar-masih-nyaman-di-posisi-puncak-dki-ditekan-jatim
Suasana pertunjukan kembang api saat pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Papua, Sabtu (2/10/2021). Untuk sementara Kontingen Jawa Barat masih nyaman di posisi teratas klasemen perolehan medali hingga Sabtu siang (9/10/2021). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Zabur Karuru)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV -  Jawa Barat (Jabar) mepertahankan posisi paling atas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua setelah mereka sukses meninggalkan rival-rivalnya pada klasemen sementara.

Melansir dari laman resmi PON Papua, Sabtu (9/10/2021) siang, Tim Tanah Pasundan itu Sabtu hingga pukul 12.00 WIT berada di puncak klasemen dengan raihan 68 emas, 63 perak dan 67 perunggu.

Baca Juga: Sadis! Tentara Libya Tembak Mati Enam Imigran di Pusat Penahanan

Hasil ini membuat Jabar unggul sembilan emas dari DKI Jakarta yang berada di posisi dua dengan 60 emas, 51 perak dan 61 perunggu.

Emas kontingen Jabar berasal dari atlet jalan cepat 20km putra atas nama Hendro, marathon putra lewat Agus Prayogo dan marathon putri lewat Odekta Elvina.

Peluang untuk menambah emas bagi provinsi yang dipimpin Ridwan Kamil ini terus terbuka karena cabang olahraga renang yang merupakan salah satu lumbung medali mulai dipertandingkan.

Selain itu, ada pula dari cabang menembak.

Prestasi itu diapresiasi oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Dalam postingannya di akun resmi Instagramnya, dia menulis pantun spesial untuk memompa semangat para atlet yang berjuang.

"Ayo atlet Jabar, gas terus. Doa dari kami semua, masyarakat Jawa Barat. Ikan hiu makan tomat. Hayu pada semangat! ” tulisnya, Kamis petang (7/10).

Dia juga menulis pantun pendek berikutnya.

Ahmad Albar makan nasi. Atlet Jabar ayo kejar prestasi,” tulisnya lagi seperti dikutip KOMPAS TV.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Sementara itu DKI Jakarta di posisi dua ternyata tertekan oleh Jawa Timur yang berada di posisi tiga dengan 59 emas 49 perak dan 47 perunggu.

Kontingen ini jelas tidak tinggal diam karena beberapa atlet terbaiknya, terutama dari cabang olahraga renang, mulai unjuk kemampuan.

Namun, di cabang sepak takraw quadrant putri gagal menyumbang emas setelah kalah dari wakil Sulawesi Selatan.

Lalu tuan rumah Papua terus berusaha menggoyang papan atas klasemen karena hingga saat masih tertahan di posisi empat dengan raihan 53 emas, 27 perak dan 53 perunggu.

Kontingen tuan rumah sebelumnya mampu membuat kejutan dengan berada di papan atas klasemen, namun pelan-pelan posisinya mulai bisa digeser kontingen langganan papan atas.

Baca Juga: Profil Tim Basket Sulawesi Utara yang Butuh Waktu 30 Tahun untuk Kalahkan Jatim di PON Papua



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.