Kompas TV nasional politik

Moeldoko Lantik Pengurus HKTI, Ingatkan Petani Tidak Identik dengan Pacul dan Lumpur

Kompas.tv - 9 Oktober 2021, 11:26 WIB
moeldoko-lantik-pengurus-hkti-ingatkan-petani-tidak-identik-dengan-pacul-dan-lumpur
Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko saat melantik pengurus DPD HKTI, di Jakarta, Jumat (8/10/2021). (Dok. HKTI).
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Umum DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko melantik pengurus HKTI untuk empat provinsi.

Dalam kesempatan itu dia mengingatkan untuk aktif memanfaatkan teknologi digital, karena petani di masa depan tidak akan lagi identik dengan pacul dan lumpur.

“Gunakan perkembangan teknologi, informasi dan digitalisasi untuk membangun SDM petani milenial, karena ke depan petani dan pertanian tidak identik dengan pacul dan berlumpur,” kata Moeldoko, di Jakarta, Jumat (8/10/2021) malam.

Dia meminta pengurus HKTI untuk selalu memanfaatkan teknologi termasuk aplikasi digital untuk melahirkan kreativitas dan inovasi yang menjadi karakter HKTI masa kini. 

Baca Juga: Bela Moeldoko, LBH HKTI akan Laporkan ICW

Namun, Kepala Staf Kepresidenan ini mengingatkan bahwa teknologi tidak selalu  menguntungkan. Kegunaannya bergantung kepada pemanfaatanya. Karena itu menurut Moeldoko, butuh kecerdasan dalam memanfaatkan teknologi.

Dia menegaskan dengan kecerdasan makan teknologi dapat membangun organisasi yang solid dan bermanfaat besar bagi sektor pertanian maupun petani.

“Kita sadari sepenuhnya bahwa perkembangan teknologi, informasi dan digitalisasi dapat menjadi kekuatan dalam membangun organisasi, tetapi juga kita harus sadar bahwa perkembangan teknologi, informasi dan digitalisasi bisa menjadi pelemahan soliditas HKTI,” ujar mantan Panglima TNI ini.

Baca Juga: Moeldoko dan Fadli Zon Berdamai, Sepakat Akhiri Dualisme Kepemimpinan di HKTI

Tak lupa Moeldoko berpesan agar DPD HKTI untuk selalu menjadi Bridging Institution yang dapat memperkuat hubungan dengan pemerintah maupun pemangku kepentingan terkait. Hal ini sesuai dengan konteks kemitraan yang dianut DPP HKTI dalam menjalankan roda organisasi.

“Dalam konteks kemitraan, HKTI adalah the Bridging Institution, jadilah The Bridge yang dapat memberikan jalan terbaik bagi setiap mitra strategis,” ungkapnya.

Empat Kepengurusan DPD Provinsi  HKTI  yang dilantik Moeldoko yakni  Lampung,  Jawa Timur, Kalimantan Tengah dan Sulawesi Selatan.

Dalam pelantikan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo juga turut memberikan kata sambutan secara virtual.

Baca Juga: HKTI Bagikan Sembako Bagi Warga Terdampak Pandemi

Pelantikan ditandai dengan Pembacaan Naskah Pelantikan oleh  Moeldoko di hadapan para Ketua DPD yakni Ketua DPD HKTI Provinsi Lampung  Umar Ahmad (Bupati Tulang Bawang Barat), Ketua DPD HKTI Provinsi Jawa Timur Ony Anwar Harsono (Bupati Ngawi), Ketua DPD HKTI Provinsi Kalimantan Tengah Perdy M Yoseph (Bupati Murung Raya) dan Ketua DPD HKTI Provinsi Lutfi Halide Wakil (Bupati Soppeng).

Setelah pembacaan pelantikan , dilakukan dengan penyerahan petaka HKTI  kepada masing-masing Ketua DPD dan dilanjutkan dengan pembacaan ikrar oleh para Ketua DPD.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.