Kompas TV entertainment film

Asian Film Awards 2021: Wife of Spy Raih Penghargaan Karya Sinema Terbaik

Kompas.tv - 9 Oktober 2021, 11:22 WIB
asian-film-awards-2021-wife-of-spy-raih-penghargaan-karya-sinema-terbaik
Salah satu culikan film Wife of Spy yang berhasil menyabet gelar sebagai karya sinema terbaik dalam ajang penghargaan Asian Film Awards ke-15 di Busan, Korea Selatan, Jumat (8/10/2021). (Sumber: IMDb)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

BUSAN, KOMPAS.TV - Film besutan sutradara Kiyoshi Kurosawa, 'Wife of Spy', berhasil menyabet penghargaan sebagai karya sinema terbaik dalam Asian Film Awards ke-15 di Busan, Korea Selatan, Jumat (8/10/2021).

Dalam ajang yang diselenggarakan oleh Festival Film Internasional Tokyo, Busan, dan Hong Kong tersebut, film sejarah roman asal Jepang itu juga membawa pulang beberapa penghargaan lainnya.

Seperti penghargaan aktris terbaik yang jatuh kepada pemeran utamanya yakni Yu Aoi, hingga predikat desain kostum terbaik untuk Haruki Koketsu, dilansir dari siaran pers Festival Film Internasional Tokyo, Sabtu (9/10).

Selain 'Wife of Spy', film Jepang lainnya yang bersinar dalam ajang penghargaan tersebut adalah 'True Mothers' dengan akting Aju Makita dianugerahi sebagai aktris pendukung terbaik.

Baca Juga: Profil Gunawan Maryanto, Petualang Sejati di Dunia Teater, Film hingga Sastra

Kemudian, ada pula film animasi 'Demon Slayer Kimetsu no Yaiba-he Movie: Mugen Train' yang sukses membawa pulang penghargaan Highest-Grossing Asian Film of 2020.

Sementara itu, sejumlah film dari negeri Tirai Bambu, China, sukses menggondol empat penghargaan sekaligus.

Yakni gelar sutradara terbaik menjadi milik Yimou Zhang dan pendatang baru terbaik diraih oleh Haocun Liu, yang mana keduanya dari film 'One Second'.

Lalu, ada Yongyo Li dari film 'Cliff Walkers' untuk penghargaan editing terbaik, juga Crosbie Tim dan Wu Joy dari film 'The Eight Hundred 'sebagai pemenang kategori efek visual terbaik.

Baca Juga: Enggak Main-Main, Film Marvel 'Venom 2' Diperkirakan Raup Rp1 Triliun Akhir Pekan Ini

Berpindah ke deretan film dari Korea Selatan, pertama ada 'Voice of Silence' yang sukses meraih dua penghargaan sekaligus, yakni sutradara baru terbaik untuk Hong Eui-jeong dan aktor terbaik Yoo Ah-in.

Sedangkan untuk aktor kawakan Lee Byung-hun, yang tampil sebagai cameo dalam serial 'Squid Game', berhasil mendapat penghargaan Excellence in Asian Cinema.

Selanjutnya, film 'The Silent Forest' menempatkan salah satu aktor yang bermain di dalamnya, yakni Kim Hyun-bin sebagai pemenang kategori aktor pendukung terbaik.

Di luar luar kawasan Asia Timur, ada film 'The Disciple' dari India peraih titel skenario terbaik dan film 'The Wasteland' dari Iran mendapat penghargaan sinematografi terbaik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x