Kompas TV internasional kompas dunia

Senator Prancis Sebut China Tebar Ancaman Serius ke Taiwan

Kompas.tv - 9 Oktober 2021, 10:01 WIB
Penulis : Aryo bimo

TAIPEI, KOMPAS.TV - Senator Prancis, Alain Richard, menyebut tindakan militer China dengan menerbangkan sejumlah pesawat tempurnya ke arah Taiwan sebagai ancaman serius.

Dalam konferensi pers di Taipei, Richard mengatakan ancaman tersebut bukan saja berlaku untuk Taiwan, tetapi juga semua negara yang berada di kawasan indo-pasifik.

“Ini adalah tindakan militer terhadap Taiwan yang merupakan pesan ancaman dari kekuatan Beijing. Pesan ini dipahami dengan sempurna, tidak hanya oleh rakyat Taiwan, tetapi juga oleh semua kekuatan yang melekat pada stabilitas di kawasan Indo-Pasifik,” ucap Richard.

Baca Juga: Persiapan Lawan China, Pasukan Khusus AS Ternyata Diam-diam Latih Tentara Taiwan

Pernyataan itu disampaikan Richard ketika memimpin kunjungan 4 orang senator Prancis ke Taiwan.

Kunjungan tersebut dilakukan Prancis dalam rangka kegiatan pertukaran anggota parlemen dengan Taiwan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian menanggapi pernyataan yang dilontarkan Alain Richard soal Taiwan.

Baca Juga: Kapal Survei China Bakal Kembali ke Laut Natuna Utara, Benarkah Incar Sumber Migas?

Zhao dengan tegas menyebut senator prancis tersebut tidak paham tentang rasa hormat dan aturan yang mengatur hubungan internasional.

Ia juga meminta Prancis untuk tidak mendukung kemerdekaan Taiwan, dengan mengakui pulau tersebut sebagai satu bagian dari China.

“China sangat mengutuk dan dengan tegas menolak hal itu. Prancis harus dengan sungguh-sungguh mematuhi prinsip satu-China dan tidak mengirim sinyal yang salah melalui kekuatan kemerdekaan Taiwan,” tegas Zhao.

Video Editor: Febi Ramdani



Sumber : APTN

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.