Kompas TV internasional kompas dunia

Pejabat Amerika Serikat akan Bertemu Pejabat Taliban di Doha, Pertama Sejak AS Tarik Mundur Pasukan

Kompas.tv - 9 Oktober 2021, 08:14 WIB
pejabat-amerika-serikat-akan-bertemu-pejabat-taliban-di-doha-pertama-sejak-as-tarik-mundur-pasukan
Pejuang Taliban duduk di sebuah truk pickup di bandara di Kabul. Delegasi senior Amerika Serikat dilaporkan segera bertemu pejabat tinggi Taliban hari Sabtu dan Minggu ini di Doha, Qatar (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Untuk pertama kalinya sejak penarikan mundur seluruh tentara Amerika Serikat (AS) dari Afghanistan, delegasi Negeri Paman Sam akan bertemu dengan perwakilan senior Taliban di Doha, Qatar.

Seperti dilansir dari Strait Times, Sabtu (9/10/2021), dua pejabat senior AS menjelaskan, pertemuan tatap muka di tingkat senior untuk pertama kalinya tersebut direncanakan berlangsung pada hari ini Sabtu dan Minggu besok.

Delegasi tingkat tinggi Amerika Serikat nanti akan mencakup pejabat dari Departemen Luar Negeri, USAID dan komunitas intelijen AS.

"Pejabat AS rencananya akan menekan Taliban untuk memastikan perjalanan keluar Afganistan yang aman bagi warga kami dan lainnya dan untuk membebaskan Mark Frerichs yang diculik," kata para pejabat AS.

Prioritas utama lainnya adalah memaksa Taliban amanah pada janjinya bahwa mereka tidak akan membiarkan Afghanistan kembali menjadi sarang Al-Qaeda atau ekstremis lainnya.

"Sambil menekan kelompok itu untuk meningkatkan akses bantuan kemanusiaan karena negara itu menghadapi prospek yang benar-benar parah dan mungkin mustahal untuk mencegah kontraksi ekonomi," kata pejabat AS.

Utusan Khusus Amerika Serikat Zalmay Khalilzad, yang telah bertahun-tahun mempelopori dialog AS dengan Taliban dan menjadi tokoh kunci dalam pembicaraan damai dengan kelompok itu, tidak akan menjadi bagian dari delegasi tersebut.

Delegasi Amerika Serikat akan mencakup Deputi Perwakilan Khusus Departemen Luar Negeri Tom West serta pejabat tinggi kemanusiaan USAID Sarah Charles. Di pihak Taliban, pejabat Kabinet akan hadir, kata para pejabat.

“Pertemuan ini merupakan kelanjutan dari keterlibatan pragmatis dengan Taliban yang telah kami lakukan mengenai masalah kepentingan nasional yang vital,” kata seorang pejabat senior pemerintah, yang berbicara dengan syarat anonim.

"Pertemuan ini bukan tentang memberikan pengakuan atau memberikan legitimasi. Kami tetap jelas bahwa legitimasi apa pun harus diperoleh melalui tindakan Taliban sendiri. Mereka perlu membangun rekam jejak yang berkelanjutan," kata pejabat itu.

Pendudukan Amerika Serikat selama dua dekade di Afghanistan memuncak dalam pengangkutan udara yang terorganisir namun tergesa-gesa pada bulan Agustus kemarin mengevakuasi lebih dari 124.000 warga sipil termasuk warga Amerika Serikat, Afghanistan dan lainnya dievakuasi ketika Taliban mengambil alih.

Baca Juga: Terungkap, Anggota ISIS-K Pelaku Bom Bunuh Diri Bandara Kabul Ternyata Napi yang Dibebaskan Taliban

Taliban kini memperbolehkan siswi sekolah dasar kembali ke sekolah. Delegasi senior Amerika Serikat dilaporkan segera bertemu pejabat tinggi Taliban hari Sabtu dan Minggu ini di Doha, Qatar (Sumber: Antara via Reuters)

Tetapi ribuan warga Afghanistan yang pernah membantu AS berperang melawan Taliban, saat ini masih tertinggal dan berpotensi mengalami penganiayaan Taliban.



Sumber : Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x