Kompas TV internasional kompas dunia

ISIS Klaim Serangan Bom Bunuh Diri saat Salat Jumat di Masjid di Kunduz Afghanistan

Kompas.tv - 9 Oktober 2021, 04:45 WIB
isis-klaim-serangan-bom-bunuh-diri-saat-salat-jumat-di-masjid-di-kunduz-afghanistan
Sejumlah warga tengah memeriksa kerusakan pasca serangan bom bunuh diri di Masjid Gozar-e-Sayed Abad di Kunduz, Jumat (8/10/2021). Serangan yang dilakukan saat warga melaksanakan salat Jumat itu menewaskan sedikitnya 46 orang. (Sumber: AP Photo/Abdullah Sahil)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

KABUL, KOMPAS.TV – Kelompok militan ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri di masjid Syiah di utara Afghanistan yang menewaskan sedikitnya 46 orang dan melukai puluhan lainnya, Jumat (8/10/2021).

Melansir Associated Press pada Sabtu (9/10/2021), klaim itu diungkap oleh kantor berita Aamaq yang terkait ISIS, dan dikutip Kelompok Intelijen SITE yang memantau unggahan kelompok milisi.

Klaim itu diungkap beberapa jam setelah ledakan mengguncang masjid yang disesaki jemaah yang tengah melakukan salat Jumat di Kunduz.

Bom bunuh diri itu merupakan yang terbaru dalam rangkaian serangan ISIS yang menyasar Taliban sang penguasa baru Afghanistan, institusi agama dan kelompok minoritas Syiah.

Baca Juga: Taliban Gempur Markas ISIS setelah Serangan Bom Masjid, 4 Anggota ISIS Ditangkap

Sebelumnya pada Jumat, ledakan besar mengguncang Masjid Gozar-e-Sayed Abad yang disesaki jemaah Syiah yang tengah melaksanakan salat Jumat di Kunduz.

Juru bicara Taliban Bilal Karimi menyatakan, jumlah korban tewas mencapai sedikitnya 46 orang, dan 143 orang lainnya mengalami luka. Selain menyebabkan korban jiwa, ledakan itu juga merusakkan jendela dan kaca masjid.

Serangan itu merupakan serangan ketiga dalam sepekan terakhir yang menyasar tempat ibadah di Afghanistan.

Sebelumnya, ISIS juga mengklaim dua serangan bom mematikan di Kabul, termasuk serangan bom bunuh diri pada 26 Agustus di area bandara.

Serangan itu menewaskan sedikitnya 169 warga Afghanistan dan 13 personel tentara Amerika Serikat .

Baca Juga: Terungkap, Anggota ISIS-K Pelaku Bom Bunuh Diri Bandara Kabul Ternyata Napi yang Dibebaskan Taliban

ISIS juga mengklaim serangan bom pada Minggu di Masjid Eid Gah di luar Kabul yang menewaskan setidaknya 5 orang.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x