Kompas TV regional berita daerah

Penyu Raksasa Terdampar di Pantai, Warga Membantunya Kembali ke Tengah Laut

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 21:30 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SUMENEP, KOMPAS.TV - Seekor penyu belimbing berukuran besar menampakkan diri di pesisir Pantai Saronggi Kabupaten Sumenep Jawa Timur, pada Kamis (7/10/2021). Diduga penyu itu terdampar setelah tersangkut jaring nelayan.

Warga pesisir di Desa Pagar Batu, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep berbondong-bondong melihat penyu belimbing berukuran besar yang tersangkut jaring nelayan.

Penyu raksasa itu memiliki panjang 120 sentimeter dan berat hampir 1 kwintal. Warga antusias melihat penampakan penyu itu, karena kemunculannya baru pertama kali terjadi.

Demi menjaga kelestariannya, keberadaan hewan dilindungi itu langsung dilaporkan ke aparat desa dan juga ke Dinas Kelautan dan Perikanan setempat.

Warga kemudian bahu-membahu mengembalikan penyu itu ke habitatnya di tengah laut. Karena ukurannya besar, pelepasliaran penyu harus diangkat dengan tali.

Baca Juga: Tersangkut Jaring, Penyu Belimbing Hebohkan Warga di Sumenep

Kepala Desa Pagar Batu, Mohammad Daud menghimbau kepada warga dan nelayan jika menemukan hewan yang dilindungi agar tidak diambil dan membantu mengembalikan ke habitatnya demi menjaga kelestariannya.

 

#penyubelimbing #penyuraksasa #sumenep #saronggi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x