Kompas TV kolom budiman tanuredjo

Ungkap 8 Orang Azis Syamsuddin di KPK - Opini Budiman

Kompas.tv - 9 Oktober 2021, 09:05 WIB
Penulis : Aryo bimo

Pengakuan Sekretaris Daerah (Sekda) Tanjung Balai, Yusmada, mengejutkan, menghebohkan sekaligus juga mengungkapkan sesuatu yang bukan rahasia lagi, dalam ruang gelap penegakan hukum.

Dalam persidangan,Yusmada membenarkan bahwa wakil ketua DPR Azis Syamsuddin mempunyai delapan orang di KPK. "Orang-orang" Azis di KPK itu punya tugas mengamankan perkara di KPK.

Pengakuan Yusmada diperoleh dari Wali Kota Tanjung Balai Muhammad Syahrial. Syahrial kini diadili dalam tuduhan jual-beli jabatan.

Pengakuan Yusmada paling tidak mempertontonkan betapa berkuasanya Azis Syamsuddin, politisi partai Golkar yang berlatar belakang Advokat di jajaran penegak hukum.

Apa yang dikatakan Yusmada merupakan indikasi awal bahwa mafia peradilan atau jual beli perkara, memang ada dan nyata.

Nama Azis sudah beberapa kali tersangkut permainan perkara. Dalam kasus Joko Tjandra, nama Azis juga disebut-sebut dalam mega skandal Joko Tjandra. Namun, Azis lolos dari jeratan.

Kini, Azis sudah ditahan KPK. Dia dipersalahkan memberikan suap untuk mengamankan perkaranya di Lampung Tengah. Azis memang berasal dari daerah pemilihan Lampung II, dalam pemilu 2019.

Kasus Azis terungkap setelah KPK menangkap penyidik KPK Robin Patuju. Robin menjadi salah seorang dari “orang Azis di KPK” yang dipecat KPK dan kini diadili.

Robin sempat dipertemukan dengan Syahrial di rumah dinas Azis Syamsuddin, untuk mengamankan perkara Syahrial.

Syahrial mengetahui kasusnya ditangani KPK setelah diberi informasi oleh Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. Sebuah skandal besar di dalam KPK, namun hanya dihukum potong gaji oleh Dewas KPK.

Pengakuan Yusmada adalah informasi penting. Inilah momentum untuk mengungkap “orang-orang Azis”.

KPK perlu mengungkapkan tuntas, peranan “orang-orang Azis” di KPK, termasuk di jajaran Komisioner KPK.

Terpilihnya komisioner KPK tak lepas dari dukungan politik, kekuatan politik di DPR.

Segitiga kepentingan Azis Syamsuddin-Robin Patuju dan Advokat Maskur Husain, perlu didalami. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.