Kompas TV nasional peristiwa

Kapal Perang Inggris HMS Richmond Kunjungi Indonesia, Ada Apa?

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 18:32 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA,KOMPAS.TV – Kapal Perang Frigat Anti Kapal Selam Angkatan Laut Inggris HMS Richmond mengunjungi Indonesia pada hari Jumat (8/10)

Kedatangan ini dalam rangka mempererat hubungan bilateral antar angkatan laut kedua negara.

Kedatangan kapal HMS Richmond diterima di Terminal JICT Tanjung Priok

Kedatangan kapal perang berjenis frigat anti kapal selam ini masuk dalam gugus tugas Carrier Strike Group ke Indo Pasifik memantau situasi terkini di perairan Laut Cina Selatan.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins menegaskan pihaknya sangat mengapresiasi kedatangan kapal perang ini dan berharap ada hubungan baik antar kedua negara.

Baca Juga: Kepala Staf TNI AL Pastikan Tak Ada Kapal Perang Tiongkok di Laut Natuna

Wakil Komandan Lantamal Tiga Jakarta Kolonel Laut Teguh memimpin langsung upacara penyambutan kapal perang di samping dermaga.

Kedatangan kapal perang dari Inggris ini juga diharapkan adanya sinergitas dan transfer ilmu antara royal navy dengan TNI angkatan laut untuk bisa mewujudkan kemampuan dan kehandalan profesional, operasional angkatan laut.

Teguh menambahkan acara hari ini juga sekaligus pemberian simbolik sumbangan kepada korban kapal selam KRI Nanggala yang muncul dari solidaritas khususnya komunitas kapal selam Inggris.

Pesan yang ingin disampaikan dengan kedatangan kapal perang inggris ini tidak hanya sebagai diplomasi angkatan laut tapi juga unjuk kekuatan Inggris di kawasan Indo Pasifik.

Video Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x