Kompas TV religi beranda islami

Doa Jumat Malam agar Hati Tenang

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 17:03 WIB
doa-jumat-malam-agar-hati-tenang
Ilustrasi zikir dan doa, di Jumat malam bisa baca doa untuk membuat hati tenang (Sumber: TribunStyle)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ini doa malam jumat yang bisa diamalkan ketika hati kita sedang sedih, gundah maupun cemas dan ingin hati tenang. Sebab, percayalah, ketika hati dan perasaan kita agak kacau, maka ketika akhir pekan tiba kita mungkin akan sulit menikmatinya.

Kita lantas bertanya, kenapa sih harus Jumat, apa bedanya dengan hari-hari lain?

Jawabannya adalah, karena hari Jumat itu istimewa. Hari jumat merupakan hari yang makbul untuk kita berdoa dan memperbanyak zikir. Jumat itu sayyidul ayyam (tuan dari segala hari) dan memberikan kita keberkahan yang banyak.

Baca Juga: Zikir Mustajab agar Doa Terkabul, Dibaca Usai Salat Jumat hingga Matahari Tergelincir

Maka, jika hatimu sedang panas, was-was dan ingin tenang, mumpung hari Jumat belum habis, maka kamu bisa mengamalkan doa jumat malam ini.

Berikut doa yang bisa kamu panjatkan pada jumat malam ini, agar hatimu tenang dan tidak was-was.

ALLAHUMMA INNI AUDZUBIKA MINAL HAMMI WAL HUZNI WAL AJZI WAL KASALI WAL BUKHLI WALJUBNI WADZOLA’IDDAINI WA GHOLABATIRROJALI

Artinya: Ya Allah, Aku berlindung kepada-Mu dari sedih dan kecemasan, dari rasa lemah dan bakhil, serta sifat pengecut (dalam diriku), dan berlindung dari beban utang dan tekanan mereka yang jahat.

Kamu juga bisa juga membaca doa yang lebih pendek. Doa ini berasal dari salah satu Alquran dan merupakan doa dari Nabi Musa.  

Doa dari QS Thoha ayat 25-28 yang jika kita panjatkan akan begitu indah. Coba saja tidak percaya.

Baca Juga: Ibadah Jumat yang Pahalanya Setara Amal 200 Tahun

Jika kita mempelajari makna doa jumat mala mini, maka akan ditemukan bahwa di atas sana, ada Dzat yang selalu ada untuk kita.  

Lalu, kenapa kita lantas bersedih? Bacalah doa di bawah ini dengan hati niat untuk dekat dengan-Nya, selami keindahan-Nya lewat doa ini. 

ROBBIS ROHLI SODRI, WAYASSIRLI AMRU, WAHLUL UQDATAM MILLISANI YAFQOHU QOULI

Artinya:… Lapangkanlah dadaku. Dan mudahkanlah bagiku urusanku. Dan lepaskanlah kekakuan lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku. (QS Thaha ayat 25-28).

Begitulah doa Jumat malam yang bisa kita panjatkan agar hati senantiasa tenang dan tidak was-was. Sebab, doa adalah wasilah seorang hamba kepada Rabb-Nya.

Semoga Allah membuat hatimu tenang dan selalu mengingat-Nya. Amin. Wallahu a’lam.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x