Kompas TV bisnis bumn

Kementerian BUMN Raih Nilai Terbaik, Erick Thohir: Ini Tak Buat Kami Terlena

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 14:45 WIB
kementerian-bumn-raih-nilai-terbaik-erick-thohir-ini-tak-buat-kami-terlena
Menteri BUMN Erick Thohir saat menerima penghargaan Sistem Merit Terbaik dari Komite Aparatur Sipil Negara (KASN), Jumat (8/10/2021). (Sumber: Kementerian BUMN)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- BUMN mendapatkan nilai sistem merit terbaik dari Komite Aparatur Sipil Negara (KASN). Kementerian yang dipimpin Erick Thohir itu mendapat peringkat sistem merit tertinggi bersama Kementerian Keuangan yang dipimpin Sri Mulyani.

Selain itu, dari 34 kementerian yang dinilai, 13 di antaranya mendapat nilai sangat baik.

"Kami berharap dengan sistem yang dibangun melalui Sistem Merit akan mampu menghasilkan para ASN yang profesional, mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan mensejahterakan bagi bangsa ini," kata Ketua KASN Agus Pramusinto kepada wartawan di kantor Kementerian BUMN, Jumat (8/10/2021).

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, sistem merit adalah kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

Baca Juga: Enggak Mau Kalah dengan Asing, Ini 5 BUMN yang Fokus Investasi ke Startup

Sistem merit diterapkan pada kementerian dan lembaga, untuk memastikan jabatan di birokrasi pemerintah diduduki oleh orang-orang yang profesional, kompeten dalam melaksanakan tugas berdasarkan nilai dasar, kode etik dan kode perilaku ASN.

Penilaian terhadap sistem merit dilakukan KASN, untuk mengetahui sejauh mana sistem merit telah diterapkan di masing-masing instansi pemerintah. Informasi tersebut digunakan untuk pembuatan kebijakan dan pembinaan lebih lanjut.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, penerapan sistem merit yang baik di kementeriannya akan berimbas pada meningkatnya penerimaan negara.

Baca Juga: 8 BUMN Diguyur PMN Rp52 Triliun, Buat Apa Aja Ya?

“Situasi ini berbeda dari dua tahun lalu di mana Kementerian kita masih di bawah peringkatnya, tidak seperti sekarang. Karena itu, ini membangun optimisme kami bahwa transformasi yang kita lakukan di Kementerian BUMN berjalan sangat baik," ujar Erick.

"Termasuk dalam hal mengawasi korporasi sehingga tahun 2020 kinerjanya pada saat Covid-19 tetap bisa memberikan kontribusi sebesar Rp375 triliun kepada negara,” tambahnya.

Erick menegaskan, apresiasi dari KASN akan membuat pihaknya semakin semangat untuk mempertahankan nilai Sistem Merit terbaik.

“Hal ini bukan membuat kami terlena, tetapi justru memacu kami untuk mempertahankannya dan biasanya mempertahankan itu lebih sulit," tutur Erick.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.