Kompas TV regional berita daerah

Bangkit Dari Pandemi Dengan Berjualan Wedang Rempah

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 13:19 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PURWOREJO, KOMPAS.TV - Berbagai pembatasan saat masa pandemi tidak menghalangi seorang ibu rumah tangga asal Purworejo, Jawa Tengah untuk tetap semangat dan bangkit dari kondisi ekonomi yang lesu. Dengan usaha membuat wedang rempah yang banyak dibutuhkan di masa pandemi, dirinya berhasil meningkatkan penghasilan keluarga.

Usaha ini dirintis oleh Prasasti Pratma Keswari, sejak 3 bulan lalu. Berawal dari kebiasaannya meracik rempah-rempah menjadi wedang atau minuman hangat untuk tamu yang berkunjung. Tak disangka, banyak tamu atau kenalan yang merasakan manfaat minuman tersebut, terutama saat pandemi untuk meningkatkan imun tubuh. Atas saran dari temannya, ibu rumah tangga yang tinggal di Kelurahan Pangenjuru Tengah, Purworejo, Jawa Tengah ini, lantas mencoba keberuntungan dengan membuat minuman rempah kemasan.

Gayung bersambut, pasarpun menerima minuman rempah buatan Sasti. Awalnya penjualan dilakukan secara online, kini sudah ada 50 varian minuman rempah yang diolahnya. Sasti mengaku, wedang rempah racikannya berbeda dengan jamu. Wedang rempah miliknya rasanya lebih segar dan dapat dinikmati oleh semua kalangan tanpa menghilangkan khasiat yang terkandung dalam rempah-rempah yang menjadi bahan minuman.

"Awalnya dari ketidaksengajaan ya mas, awalnya ada tamu yang datang, saya bikinkan minuman rempah, hingga akhirnya saya coa menawarkan dalam bentuk minuman kemasan" ujar Sasti, penjual wedang rempah. 

Kesegaran dan kenikmatan wedang rempah ini diakui oleh sejumlah pelanggan, diantaranya adalah Ayu Titi. Warga Kutoarjo ini mengaku sering memesan secara online dan kini datang langsung ke kedai di Kampung Sibak, untuk melihat proses produksinya.

"Unik aja sih, jarang minuman seperti ini, asyik juga selain kesehatan juga untuk nongkrong" ujar Ayu titi, pembeli.

Kini usaha Sasti tak hanya menyediakan minuman, namun juga paket nasi yang bahan bakunya tetap menggunakan rempah-rempah.

Meskipun ada kebijakan PPKM dan larangan berkerumun, Sasti mengaku dirinya tetap bisa berjualan karena bisa dilakukan secara online. Kini, PPKM terus turun level dan ada kelonggaran dalam berusaha, maka iapun memutuskan untuk membuka kedai rempahnya. Usaha wedang rempahnya, kini bisa meningkat penghasilan keluarga yang sempat terpuruk akibat pandemi.

#wedangrempah #pandemi #purworejo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.