Kompas TV regional update corona

Kasus Covid-19 di PON Papua Kini Capai 57 Orang

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 13:13 WIB
kasus-covid-19-di-pon-papua-kini-capai-57-orang
Tenaga kesehatan memeriksa kondisi pasien di ruang isolasi dalam simulasi penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, Jumat (13/3/2020). (Sumber: Kompas TV/Ant/Ari Bowo Sucipto)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus Covid-19 yang terjadi di acara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua kembali bertambah.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua Silwanus Sumule menjelaskan perkembangan terakhir ada 57 kasus Covid-19 yang teridentifikasi di tengah penyelenggaraan PON XX Papua.

Menurut Silwanus data terakhir pada pukul 23.30 WIT Kamis (7/10/2021) ada 50 kasus Covid-19.

Namun pada 11.30 WIT, Jumat (8/10/2021), terdapat tujuh kasus baru yang diketahui dari Merauke, salah satu lokasi penyelenggaraan PON.

Baca Juga: Di Balik Kemeriahan PON XX Papua - ROSI

"Jadi total kasus kita untuk pukul 11.30 waktu Papua itu sebanyak 57 kasus," kata Silwanus dalam diskusi secara virtual melalui kanal YouTube BNPB, Jumat (8/10/2021).

Silwanus menjelaskan seluruh pasien yang terpapar Covid-19 tersebut memiliki gejala ringan dan tanpa gejala. 

Hal ini, sambung Silwanus, karena para atlet dan ofisial yang terpapar Covid-19 sudah mendapatkan vaksinasi.

"Kemudian teman-teman di hulu dan teman-teman kami di hilir juga berupaya mencegah, di hulu ada 3M dan 3T terus kita lakukan, sementara di hilir bagaimana kita mempersiapkan fasilitas pelayanan kesehatan," ujarnya.

Baca Juga: Menpora soal Atlet dan Ofisial di PON Papua Positif Covid-19: Pertandingan Tetap Berlangsung

Silwanus mengakui, saat pembukaan PON XX Papua penerapan protokol kesehatan cukup longgar dan masyarakat menyambut PON dengan euforia lantaran sudah lama menantikan acara tersebut. 

Silwanus juga memastikan, seluruh atlet yang terinfeksi Covid-19 mendapatkan pelayanan terbaik dari pemerintah daerah Papua.

"Yang kami pastikan, Satgas dan Pemda Papua memastikan mereka (atlet terpapar Covid-19) dapat pelayanan terbaik. Kami pastikan jalan dengan baik," ujarnya.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x