Kompas TV regional berita daerah

Pedagang Pasar Johar Keluhkan Sempitnya Lapak

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 12:35 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Jelang mulai ditempatinya Pasar Johar Baru yang rencananya akan dilakukan minggu depan, hingga kini masih banyak pedagang yang mengeluhkan kondisi lapak. Sementara bagi pedagang yang belum dapat lapak di Pasar Johar Baru, memilih tetap bertahan di pasar relokasi MAJT Kota Semarang.

Posko pengaduan yang didirikan di Kantor Dinas Perdagangan Kota Semarang hingga kini telah menerima aduan dari ratusan pedagang karena belum mendapatkan lapak atau mendapat lapak namun tidak sesuai karena ukurannya yang kecil jika dibandingkan lapak sebelumnya.

Kepala Dinas Perdagangan mengaku akan mengakomodir atas keluhan-keluhan tersebut. Namun karena kondisi Pasar Johar Baru yang masuk cagar budaya, mengharuskan adanya pembatasan pedagang yang menempati lokasi Pasar tengah, utara dan selatan yaitu hanya 60 persen dari kapasitas.

"Masih sama seperti kemarin-kemarin, kiosnya menjadi kecil, losnya menjadi kecil, ada yang merasa terlempar tidak di utara lagi. Sudah saya sampaikan, yang tidak masuk harus menerima" ungkat Fravarta Sadman, Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang.

Salah satu pedagang bernama Nani mengeluh karena mendapat undian Pasar Kanjengan lantai tiga yang pembangunannya belum selesai.

"Blas ga dapat, maka saya itu kadang nangis menyesal mas, saya disini itu sudah 42 tahun apalagi kok dapatnya di Kanjengan lantai 3 ukurannya sedikit tidak bisa buat jualan, apalagi kaki saya habis operasi, saya ga kuat" ujar Nani, pedagang sembako. 

Jumlah pedagang Pasar Johar yang tercatat di Dinas Perdagangan Kota Semarang total mencapai 6.000 lebih, namun belum semuanya mendapatkan lapak atau kios. Sebagian mereka mendapatkan lapak yang masih dalam proses pembangunan, diantaranya Pasar Johar selatan, utara dan Pasar Yaik Semarang. Sementara itu, sebagian lainnya dialihkan ke Gedung SCJ Johar, Pasar Grosir Rejomulyo yang akan dibangun 2022, serta Pasar Yaik yang saat ini masih dalam proses pembangunan. 

Sementara itu pedagang yang sudah mendapatkan lapak, rencananya akan mulai menempati lapak Pasar Johar Baru minggu depan.

#pasarjohar #pedagang #lapak



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x