Kompas TV regional berita daerah

Tersangkut Jaring, Penyu Belimbing Hebohkan Warga di Sumenep

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 12:43 WIB
Penulis : Theo Reza

SUMENEP, KOMPAS.TV - Seekor penyu belimbing berukuran besar menghebohkan warga di desa pagar batu, Kabupaten Sumenep,  Jawa Timur. Diduga penyu tersebut terndampar karena tersangkut jaring nelayan pada Kamis (07/10)

Penyu dengan panjang 120 centimeter dan berat hampir satu kuintal ini menjadi tontonan warga karena baru pertama kali ditemukan di wilayah setempat.

Penemuan hewan yang dilindungi ini pun kemudian dilaporkan ke aparat desa.

Baca Juga: Peneliti Bongkar Dugaan Asal Ribuan Tulang Manusia dan Hewan di Gua Lava Arab Saudi: karena Dimangsa

Demi menjaga kelestariannya, warga beramai-ramai saling membantu membawa penyu ke pinggir pantai agar kembali ke habitatnya.

Karena ukurannya yang sangat besar penyu ini harus di angkat menggunakan tali secara ramai-ramai untuk dilepas liarkan ke habitatnya ke tengah laut.

Pelepasliaran penyu ini dilakukan setelah Pemerintah Desa berkoordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumenep.

Pemerintah desa mengimbau warga dan nelayan jika menemukan hewan yang dilindungi agar tidak diambil dan tetap dilepaskan liarkan ke habitatnya agar tetap terjaga kelestariannya.

Video Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.