Kompas TV religi beranda islami

Mengapa Sunnah Mandi Sebelum Salat Jumat? Ini Niat dan Keberkahannya

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 09:53 WIB
mengapa-sunnah-mandi-sebelum-salat-jumat-ini-niat-dan-keberkahannya
Ilustrasi mandi untuk salat jumat (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kita sering bertanya, kenapa ketika Jumat tiba maka disuruh mandi? Ternyata, berkah di dalamnya begitu banyak. Bahkan, dalam Alquran sendiri ada surat khusus tentang hari Jumat.

Surat itu bernama surat Al-jumu’ah yang terdiri dari 11 ayat dan merupakan surat ke-62 dalam Alquran. Dalam salah satu ayat, Allah berfirman tentang kenapa salat jumat begitu istimewa.

Allah SWT berfirman:”Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al Jumuah: 9).

Lalu, bagaimana kok harus mandi untuk salat Jumat?

Dalil mandi ini didasarkan atas hadis Nabi, termasuk tatacaranya dan keutamaan di baliknya. Hadis Nabi ini cukup panjang dan menjelaskan tentang amalan bagi muslim yang menyegerakan untuk mandi, bebersih diri dan beribadah untuk salat jumat.

Rasulullah SAW bersabda,  yang artinya: "Barangsiapa mandi pada hari Jumat sebagaimana mandi janabah (Wajib), lalu berangkat menuju masjid, maka ia seakan berkurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kedua maka dia seolah berkurban dengan seekor sapi.

Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) ketiga maka dia seolah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) keempat maka dia seolah berkurban dengan seekor ayam.

Dan barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kelima maka dia seolah berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (untuk memberi khuthbah), maka para malaikat hadir mendengarkan dzikir (khuthbah tersebut)." (HR. Bukhari)

Jadi, sebenarnya mandi pada hari Jumat itu tatacara mirip dengan mandi janabah atau mandi wajib.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Mandi Wajib Usai Berhubungan Suami Istri



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x