Kompas TV regional berita daerah

Ini Dia Durian Bokor di Pekalongan Yang Rasanya Menggoyang Lidah

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 07:39 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah tidak hanya dikenal sebagai penghasil kerajinan kain batik saja. Namun sejumlah wilayahnya juga menghasilkan buah durian yang rasanya tidak kalah dengan durian dari wilayah lain. Namanya durian bokor yang merupakan warisan turun temurun yang kini menjadi primadona karena daging dan rasanya yang menggoyang lidah penikmatnya.

 

Durian bokor bisa anda jumpai di Desa Lemah Abang Doro, Kabupaten Pekalongan. Kecamatan Doro merupakan salah satu daerah di Kabupaten Pekalongan yang merupakan penghasil buah durian unggulan.

 

Salah satunya adalah durian bokor yang pohonnya sudah berusia lebih dari 70 tahun. Pohon durian bokor hanya dimiliki beberapa warga saja yang nenek atau kakeknya menanam sejak puluhan tahun lalu.

 

Salah satunya adalah milik Wasro yang kini berjualan durian bokor dan beberapa jenis lokal lainnya . Durian bokor memiliki tekstur dagingya kuning tidak terlalu tebal dengan biji besar. Namun jangan salah durian bokor rasanya sangat manis sehingga banyak penikmatnya yang kerap mencari.

 

Durian bokor berusia puluhan tahun itu ditanam tidak dengan sistem stek melainkan ditanam langsung dari bijinya. Berjalannya waktu durian bokor tumbuh besar dan mempunyai buah yang sangat lebat dengan rasa yang enak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.