Kompas TV olahraga kompas sport

TOK! Marcus Rashford Resmi Sandang Gelar Doktor di Universitas Manchester

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 06:40 WIB
tok-marcus-rashford-resmi-sandang-gelar-doktor-di-universitas-manchester
Penyerang Manchester United Marcus Rashford menerima gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Manchester. (Sumber: Twitter @OfficialUoM)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

MANCHESTER, KOMPAS.TV - Penyerang Manchester United Marcus Rashford menerima gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Manchester.

Gelar tersebut diberikan kepada Rashford dalam upacara yang digelar Kamis (7/10/2021) di kandang Man United yaitu Old Trafford.

Rashford sebenarnya telah diberikan penghargaan ini sejak tahun lalu. 

Namun karena pandemi, upacara penyerahan baru bisa diberikan sekarang.

Marcus Rashford mendapatkan gelar ini berkat usahanya yang mengkampanyekan kemiskinan anak dan berbagai prestasinya di lapangan hijau.

Penghargaan ini menjadi gelar kehormatan tertinggi yang bisa diberikan oleh Universitas Manchester.

Rashford juga menjadi orang termuda yang menerima gelar ini dalam sepanjang sejarah berdirinya Universitas Manchester.

Sebelumya, Sir Alex Ferguson dan Sir Bobby Charlton turut pernah mendapatkan penghargaan serupa dari Universitas Manchester.

“Berada di sini di hadapan orang hebat seperti Sir Alex, dan mereka yang telah memainkan peran besar dalam perjalanan karir saya untuk berada di tempat saya hari ini adalah sebuah keistimewaan," kata Rashford dikutip dari laman resmi Manchester United.

Baca Juga: Jalani Operasi Bahu, Marcus Rashford akan Absen hingga Bulan Oktober

“Saya di sini untuk menerima gelar Doktor Kehormatan saya untuk usaha saya di sekitar kemiskinan anak. Kemarin, jutaan keluarga di seluruh Inggris kehilangan garis hidup dan sarana untuk tetap bertahan. Penambahan yang membuat kemiskinan anak meningkat menjadi 1 dari 3 anak. Karena itu, hari ini terasa manis nan getir," lanjutnya. 

“Ini saatnya untuk para perwakilan keluar ke masyarakat seperti saya. Sudah saatnya mereka melihat secara langsung ukuran perjuangan yang sebenarnya. Covid-19 tidak bisa lagi digunakan sebagai alasan," tutur Rashford.

Sementara itu Wakil Rektor Universitas Manchester, Profesor Dame Nancy Rothwell juga turut memuji apa yang telah dilakukan Rashford untuk masyarakat sekitar.

Ia pun mengaku bangga Universitas Manchester bisa memberikannya gelar Doktor Kehormatan ini.

“Marcus adalah pemuda luar biasa yang terus menunjukkan rasa kebersamaan dan kemurahan hati yang melampaui usianya," kata Profesor Rothwell.

“Universitas kami juga memiliki tanggung jawab sosial pada intinya, dan kami sangat bangga untuk berbagi nilai-nilai ini dengan Marcus. Sungguh suatu kehormatan untuk akhirnya memberinya penghargaan yang layak ini atas nama institusi kami."

“Pekerjaan amal dan kampanye profil tinggi yang berkelanjutan tidak hanya membantu jutaan orang di seluruh negeri, tetapi juga menginspirasi lebih banyak lagi untuk mencoba dan membuat perbedaan sendiri. Semoga hal itu terus berlanjut," pungkasnya. 

Baca Juga: Marcus Rashford Bujuk Paul Pogba agar Bertahan di Manchester United

 



Sumber : Manchester United/Universitas Manchester

BERITA LAINNYA



Close Ads x