Kompas TV regional berita daerah

Desa Terpencil di Tengah Pegunungan Meratus Kalimantan

Kompas.tv - 7 Oktober 2021, 19:11 WIB

HULU SUNGAI TENGAH, KOMPAS.TV - Dusun Danau Canting merupakan bagian dari Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan dan termasuk dalam Dusun Terpencil di Kawasan Pegunungan Meratus.

Jaraknya sekitar 50 km dari Kota Barabai, jika menggunakan sepeda motor kurang lebih sekitar 1 setengah jam perjalanan dan sekitar 2 jam kalau menggunakan mobil menuju Dusun Kiyu.

Dari Dusun Kiyu menuju ke Danau Canting hanya bisa dilalui menggunakan sepeda motor atau jalan kaki sejauh 1,5 kilometer karena akses kesana jalannya sempit.

Ketika memasuki lokasi  pertama-tama anda akan disuguhkan dengan pintu gerbang bertuliskan Danau Canting yang merupakan singkatan dari damai, Aman, Nyaman, Asri, Unggul, Cerdas, Agamis, Nasionalis, tentram, Indah, Normatif, Gotong royong.

Ada terdapat 31 kepala keluarga yang memiliki rumah yang ada di desa ini, termasuk 1 balai adat Komunitas Adat Terpencil atau K.A.T, yang telah selesai di bangun tahun 2019 lalu.

“Dengan sudah dibantu dengan rumah KAT ini semoga dapat memberikan hal positif untuk waga Dusun Canting ini” Ucap Ramidi Tokoh Pemuda Dayak.

 “Mayoritas warga Dusun Canting ini pekerjaan pokoknya berkebun, juga termasuk padi, karet, buah, cengkeh dan pakan jagung” menurut Makurban, Kepala Balai Adat Kiyu.

Dengan keramahan warganya, anda juga bisa menikmati keindahan deretan rumah Komunitas Adat Terpencil di atas bukit yang tersusun rapi dan bersih, keindahan panorama alam dan hawa sejuk khas Pegunungan di Danau Canting juga bisa dijadikan referensi wisata akhir pekan anda.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x