Kompas TV klik360 klinik kilat

Pejuang Thalassemia Boleh Menikah? Ini Kata Dokter - KLINIK KILAT

Jumat, 8 Oktober 2021 | 13:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Metode transfusi darah banyak dilakukan untuk ragam penyakit, di antaranya mengalami pendarahan hebat, anemia gravis, myelodysplastic syndrome, hingga Thalassemia. 

Menurut data Kemenkes, terdapat lebih dari 10.531 pasien thalassemia di Indonesia, dan diperkirakan 2.500 bayi baru lahir dengan thalassemia  setiap tahunnya di Indonesia.

Meski Thalassemia tidak menular namun efek jangka panjangnya perlu menjadi pertimbangan, terutama Thalassemia Major yang membutuhkan transfusi darah secara rutin untuk seumur hidup.  

Hal ini dikarenakan Thalassemia dialami oleh orang yang dilahirkan oleh orang tua yang memiliki kelainan genetik pembawa thalassemia.

Baca Juga: Apakah Penyakit Autoimun Bisa Disembuhkan, Bahayanya, Gejalanya dan Pengobatannya - KLINIK KILAT

Menurut dokter spesialis penyakit dalam Sandra Utami mengatakan pejuang thalassemia boleh menikah.

"Thalassemia carrier atau trait, jika menikah dengan yang seseorang yang tidak thalassemia bisa menghasilkan keturunan thalassemia minor. Sedangkan jika sesama thalassemia carrier menikah, bisa menghasilkan keturunan thalassemia major."kata Sandra Utami kepada KompasTV.

Selain metode transfusi darah pejuang Thalassemia juga dihadapkan pada pilihan treatment bone marrow transplant atau BMT.

Baca Juga: Cantik Tanpa Operasi dengan Ultheraphy - KLINIK KILAT

Namun mencari donor yang tepat untuk cangkok sumsum tulang wajib memiliki HLA atau human leukocyte antigen yang sama.

"keluarga, saudara kandung, juga belum tentu memiliki hla yang sama,"ucap Sandra Utami.

Simak pembahasan lebih lanjut terkait Thalassemia hanya di Klinik Kilat.

Video Editor: Novaltri Sarelpa

Grafis Editor: Agus Ilyas

Content Creator: Yuilyana Wen

Penulis : Yuilyana

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:05
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19