Kompas TV religi beranda islami

Niat Salat Tahajud Lengkap Beserta Waktu dan Tatacara

Kompas.tv - 7 Oktober 2021, 16:43 WIB
niat-salat-tahajud-lengkap-beserta-waktu-dan-tatacara
Ilustrasi salat malam lailatul qadar (Sumber: Instagram)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salat Tahajud adalah ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi muslimin. Apalagi, salat ini sering  dilakukan oleh Rasulullah. Tentu saja, sesuatu yang dikerjakan Rasulullah adalah perkara yang layak untuk diikuti, bukan?

Allah SWT pun berfirman tentang betapa beruntungnya orang-orang yang merutinkan ibadah salat tahajud ini. “Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. (QS Al Isra ayat 79.).

Begitu istimewanya salat tahujud ini, Rasulullah pun mengisahkan momen bagi seorang muslim ketika ia paling dekat dengan Rabb-Nya adalah ketika sujud. Dan salah satu waktu terbaik untuk sujud kepada-Nya adalah salat di sepertiga malam (Tahajud).

“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-Nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu." (HR. Muslim).

Kapan Waktunya?

Waktu salat tahajud adalah malam hari, dimulai dari setelah salat Isya hingga waktu subuh. Di antara waktu itu, ada waktu sepertiga malam terakhir, atau kira-kira pukul 02.00 sampai dengan waktu sebelum subuh. Waktu ini dianggap para ulama sebagai waktu mustajabah (waktu terbaik untuk doa dan ibadah malam).

Yang perlu diperhatikan adalah, ketika salat subuh harus tidur dulu, meskipun Cuma sebentar. Sebab itu menjadi salah satu syarat untuk salat tahajud. Tentunya, jangan lupa isya dulu.

Berapa rakaat salat tahajud?

Rakaat bisa dikerjakan minimal 2 rakaat 1 kali salam, sampai waktu tak terhingga. Sebaiknya juga ditambah salat witir sebagai penutup. Bisa 1-3 rakaat.

Apa niat salat tahajud?

berikut niat Salat tahajud, latin dan artinya:

USHOLLI SUNNATA LITTAHAJJUDI ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAHI TA’ALA

Artinya: Aku berniat salat tahajud dua rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah semata

Baca Juga: Bacalah Tiga Zikir Malam Pengantar Tidur, Agar Bebas dari Setan yang Berkeliaran di Malam Hari

Berikut tatacara salat tahajud:

  • Tidur terlebih dahulu
  • Niat
  • Takbiratul ihram
  • Iftitah
  • Alfatihah
  • baca surat Al-Qur'an. Lebih baik baca surat-surat pendek terlebih dahulu. 
  • rukuk
  • Itidal
  • Sujud
  • Mengulang gerakan pertama
  • Duduk untuk tahiyat akhir dan salam 

Lalu setelah salam, anda bisa menambah jumlah saat lagi dan ditutup dengan witir. Setelahnya, bisa doa dan zikir sampai waktu subuh tiba.

Begitu banyaknya keberkahan salat Tahajud ini, sampai-sampai ketika Rasulullah ditanya tentang sebuah ibadah yang akan membantumu ketika berdoa, beliau menjawab salat tahajud sebagai salah satu tempat makbul (terkabulnya) sebuah doa.

Hal ini berdasarkan Riwayat dari Sahabat Abu Umamah. Ia berkata,”Rasulullah ditanya, ‘Wahai Rasulullah, doa apakah yang paling didengar?’Beliau berkata: "Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib." (HR. Tirmidzi).

Semoga kita istiqamah ibadah salat malam ini dan senantiasa dekat dengan-Nya. Amin. Wallahu a'lam. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x