Kompas TV video sinau

Profil Peluncur Roket Astros II MK6 Andalan TNI AD yang Bikin Jokowi Takjub

Kompas.tv - 7 Oktober 2021, 19:30 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo sempat memuji peluncur roket Astros II MK6 ketika meninjau deretan alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI yang digelar di sekitar Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/10/2021).

Astros II MK6 merupakan alutsista berjenis peluncur roket multipel atau multiple launch rocket system (MLRS), yakni jenis roket andalan yang dimiliki TNI AD sebagai senjata bantuan tembakan.

Nama ASTROS merupakan singkatan dari Artillery Saturation Rocket System. Roket buatan Avibras Aerospacial Brazil ini diproduksi pertama kali pada 1983, dan terus dikembangkan sampai sekarang.

Seri yang dimiliki Indonesia adalah tipe II dan generasi ke-6 (Astros II MK6), yang dioperasikan oleh satuan Artileri Medan (Armed) TNI AD.

Astros II MK6 beroperasi dengan kendaraan peluncur (AV-LMU) yang dapat melaju hingga 110 kilometer per jam, dan mempunyai jarak jelajah hingga 600 kilometer.

Selain itu, alutsista ini dilengkapi juga dengan kendaraan suplai amunisi (AV-RMD), kendaraan komando (AV-PCC dan AV-VCC), unit kendali penembakan (AV-UCF), kendaraan meteorologi (AV-MET), serta kendaraan bengkel (AV-OFVE).

Melansir Dinas Kelaikan Angkatan Darat, alat ini mempunyai kemampuan meluncurkan roket hingga 32 buah, hanya dalam waktu 6 detik.

Roket Astros II memiliki multicaliber, dari jenis SS-30 (jarak jangkau 30 km), SS-40 (jarak jangkau 15-45 km), SS-60 (jarak jangkau 20-60 km), SS-80 (jarak jangkau 90 km), hingga SS-150 (jarak jangkau 150 km).

Amunisi Astros II MK6 dilengkapi dengan hulu ledak submunisi (copper cone) yang mampu menembus baja dengan ketebalan hingga 20 sentimeter, sehingga mampu menghancurkan kendaraan lapis baja (tank) jenis apa pun.

MLRS Astros bahkan sudah pernah digunakan di berbagai medan perang seperti Perang Iran-Irak, Perang Teluk, perang sipil, hingga perang saudara lainnya.

Baca Juga: Guyon Jokowi ke Iriana saat Tinjau Alutsista: Mau Naik yang Mana, Biar Disopiri KSAD Andika

(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x